Penyisihan Logam Arsen (As) Dan Kadmium (Cd) Dari Air Tanah Artifisial Dengan Biomaterial Sekam Padi Sebagai Adsorben Pada Kolom Adsorpsi

Geri, Antonio (2020) Penyisihan Logam Arsen (As) Dan Kadmium (Cd) Dari Air Tanah Artifisial Dengan Biomaterial Sekam Padi Sebagai Adsorben Pada Kolom Adsorpsi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text Geri Antonio)
GABUNGAN DRAFT TUGAS AKHIR GERI ANTONIO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji kolom adsorpsi memanfaatkan adsorben sekam padi untuk penyisihan logam Arsen (As) dan kadmium (Cd) dari larutan air tanah artifisial. Percobaan dilakukan menggunakan kolom adsorpsi yang terbuat dari akrilik dengan diameter 7 cm dan tinggi 19,5 cm dengan aliran upflow. Tinggi bed adsorben dalam kolom adalah 13,5 cm dengan waktu adsorpsi sampai 540 menit. Variasi yang digunakan adalah kecepatan alir influen (2 gpm/ft2 dan 3 gpm/ft2) dan jumlah kolom yang digunakan (1, 2 dan 3 kolom). Percobaan dilakukan secara triplo. Konsentrasi influen logam As dan Cd pada larutan air tanah artifisial adalah 0,614 mg/L dan 0,592 mg/L untuk kecepatan alir 2 gpm/ft2 dan untuk kecepatan alir 3 gpm/ft2 adalah 0,471 mg/L dan 0,395 mg/L. Sampel hasil percobaan diukur menggunakan Inductively Coupled Plasma Emission (ICPE). Dari penelitian diperoleh efisiensi penyisihan tertinggi sebesar 34,23% dengan kapasitas adsorpsi 0,276 mg/g untuk logam As sementara untuk logam Cd diperoleh efisiensi penyisihan tertinggi sebesar 30,41% dengan kapasitas adsorpsi 0,271 mg/g. Kondisi optimum efisiensi penyisihan dicapai pada penggunaan kecepatan alir influen 2 gpm/ft2 dan 3 kolom yang dirangkai seri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kecepatan alir yang lebih kecil dan lebih dari 1 kolom adsorpsi berkonfigurasi seri dapat meningkatkan efisiensi penyisihan logam As dan Cd serta mampu memperpanjang masa pakai dari sekam padi sebagai adsorben. Peningkatan kecepatan alir influen dan penggunaan 1 kolom mengakibatkan kondisi jenuh dari adsorben sekam padi dalam kolom lebih cepat tercapai. Hasil penelitian secara keseluruhan membuktikan bahwa kolom adsorpsi dengan sekam padi sebagai adsorben berpotensi untuk diaplikasikan dalam penyisihan logam dari air tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng Shinta Indah
Uncontrolled Keywords: air tanah, arsen, kadmium, kolom adsorpsi, sekam padi
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 14 Jul 2020 02:42
Last Modified: 14 Jul 2020 02:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59399

Actions (login required)

View Item View Item