Aplikasi Kolom Adsorpsi Konfigurasi Seri Dengan Sekam Padi Sebagai Adsorben Untuk Penyisihan Logam Tembaga (Cu) Dan Seng (Zn)Dari Air Tanah Artifisial

Dian, Ramadhan (2020) Aplikasi Kolom Adsorpsi Konfigurasi Seri Dengan Sekam Padi Sebagai Adsorben Untuk Penyisihan Logam Tembaga (Cu) Dan Seng (Zn)Dari Air Tanah Artifisial. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover Dan Abstrak Dian Ramadhan.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT DIAN RAMADHAN)
GABUNGAN DRAFT TUGAS AKHIR Dian Ramadhan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji aplikasi kolom adsorpsi konfigurasi seri memanfaatkan sekam padi sebagai adsorben untuk menyisihkan logam tembaga (Cu) dan seng (Zn) dari larutan air tanah artifisial yang mengandung logam Cu, Zn, Fe, Mn, As dan Cd. Kolom adsorpsi terbuat dari bahan akrilik dengan diameter 7 cm dan tinggi kolom 19,5 cm. Percobaan dilakukan dengan aliran up flow pada ketinggian bed 13,5 cm, dengan variasi kecepatan alir sebesar 2 gpm/ft2 (310 mL/menit) dan 3 gpm/ft2 (471 mL/menit) dan variasi jumlah kolom yang digunakan adalah 1, 2 dan 3 kolom yang dirangkai seri serta dilakukan secara triplo selama 540 menit. Sekam padi yang digunakan berukuran asli (1-2 mm). Konsentrasi influen logam Cu dan Zn adalah 1,87 mg/L dan 7,62 mg/L. Sampel hasil percobaan diukur menggunakan Inductively Coupled Plasma (ICP) dengan metode spektrometri. Efisiensi penyisihan didapatkan pada kondisi optimum dengan kecepatan alir 2 gpm/ft2 dan penggunaan 3 kolom yang dirangkai seri. Efisiensi penyisihan tertinggi pada logam Cu dan Zn sebesar 57,52% dan 41,45% dengan kapasitas adsorpsi berturut-turut adalah 0,967 mg/g dan 2,342 mg/g. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kecepatan alir 2 gpm/ft2 menggunakan 3 kolom adsorpsi berkonfigurasi seri dapat meningkatkan efisiensi penyisihan logam Cu dan Zn dibandingkan kecepatan alir 3 gpm/ft2 dengan penggunaan 1 kolom. Peningkatan kecepatan alir dengan penggunaan 1 kolom mengakibatkan kondisi jenuh dari adsorben sekam padi dalam kolom lebih cepat tercapai yaitu pada menit ke 540. Hasil analisis statistik menunjukan bahwa variasi kecepatan alir dan jumlah penggunaan kolom yang dilakukan tidak memberikan perbedaan yang signifikan terhadap efisiensi penyisihan dan kapasitas adsorpsi logam. Hasil penelitian secara keseluruhan membuktikan bahwa kolom adsorpsi berkonfigurasi seri dengan sekam padi sebagai adsorben berpotensi untuk diaplikasikan dalam penyisihan logam berat dari air tanah hingga dibawah baku mutu logam Cu dan Zn menurut Permenkes No. 492 Tahun 2010 yaitu 2 mg/L dan 3 mg/L.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng Shinta Indah
Uncontrolled Keywords: air tanah artifisial, kolom adsorpsi, konfigurasi seri, sekam padi, seng dan tembaga
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 14 Jul 2020 02:40
Last Modified: 14 Jul 2020 02:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59398

Actions (login required)

View Item View Item