DIGITAL MARKETING RAPHA’S JUICE DAN SDW KITCHEN (STUDI MEMBANGUN BRAND AWARENESS HEALTHY FOOD DI INSTAGRAM PADA MASYARAKAT KOTA PADANG)

Tiara, Rahmi Khairani (2020) DIGITAL MARKETING RAPHA’S JUICE DAN SDW KITCHEN (STUDI MEMBANGUN BRAND AWARENESS HEALTHY FOOD DI INSTAGRAM PADA MASYARAKAT KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Skripsi Full Text (Tiara Rahmi Khairani).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang diikuti dengan perkembangan internet tidak dapat dipungkiri mengubah gaya hidup orang saat ini. Banyak orang yang bergantung dengan internet dalam setiap aktivitas, termasuk dalam aktivitas pemasaran. Kehadiran internet kini membuat strategi pemasaran yang dahulunya konvensional berubah menjadi digital atau yang biasa disebut dengan digital marketing. Perkembangan strategi pemasaran menjadi bentuk digital marketing tersebut dimanfaatkan oleh banyak pelaku usaha, tak terkecuali bagi Rapha’s Juice dan SDW Kitchen. Mereka memanfaatkannya sebagai upaya untuk mempromosikan produk kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui dan aware terhadap produk healthy food sehingga brand awareness dapat terbangun. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan digital marketing pada Instagram Rapha’s Juice dan SDW Kitchen serta mengetahui hambatan komunikasi yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan teori computer mediated communication. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai enam orang yang terlibat dengan aktivitas digital marketing dari Rapha’s Juice dan SDW Kitchen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rapha’s Juice dan SDW Kitchen menggunakan Instagram sebagai bentuk digital marketing dalam membangun brand awareness. Melalui akun @rapha_padang dan @sdw_kitchen, mereka menyebarkan informasi produk kepada khalayak dengan melakukan postingan, menggunakan caption dan hashtag yang menyangkut tentang healthy food, serta memanfaatkan berbagai fitur yang ada pada di Instagram, seperti fitur Instagram Stories, fitur Stories Highlight, fitur Comment, dan fitur Direct Message. Pada akun @rapha_padang, hambatan komunikasi yang terjadi dalam pengelolaan digital marketing yaitu kurang konsistennya dalam melakukan postingan dan ide-ide dalam menentukan konten postingan, bingung dalam menentukan isi caption, kurangnya pemahaman tentang informasi healthy food yang benar dari pengguna media sosial, dan adanya konsumen yang hit and run ketika melakukan pesanan melalui Instagram. Sedangkan pada akun @sdw_kitchen, hambatan komunikasi yang terjadi yaitu kurangnya kreatifitas dalam membuat desain postingan, pernah terjadinya pembobolan pada akun Instagram @sdw_kitchen, dan belum masuknya jaringan wifi pada tempat produksi. Kata kunci: digital marketing, instagram, brand awareness, healthy food.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rahmi Surya Dewi, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 21 Jul 2020 07:21
Last Modified: 21 Jul 2020 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59329

Actions (login required)

View Item View Item