ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS : DENGAN PENERAPAN PEDIATRIC TRIAGE METODE JUMPSTAR DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN DAN DEMONSTRASI PADA DEWAN GURU DI SD NEGERI 21 LUBUK LINTAH KOTA PADANG

MOHD., AKBAR RIZA (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS : DENGAN PENERAPAN PEDIATRIC TRIAGE METODE JUMPSTAR DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN DAN DEMONSTRASI PADA DEWAN GURU DI SD NEGERI 21 LUBUK LINTAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover aztrak akbar-dikonversi.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I akbar-dikonversi.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
kezimpulan zaran akbar.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKAakbar-1.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
kia akabar fuul ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anak usia sekolah merupakan kelompok umur yang beresiko tinggi terjadi keadaaan gawat darurat, karena banyak kemungkinan yang dapat terjadi pada kelompok tersebut seperti kecelakaan, diare, demam, mual, muntah hingga pingsan. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk penanganan awal adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan tentang penerapanPediatric triage metode Jumpstart. Tujuan dilakukan intervensi asuhan keperawatan ini adalah memberikan pemahaman kepada Dewan Guru tentang pentingnya penanganan awal kegawat daruratan di sekolah. Pemberian asuhan keperawatan dilaksanakan mulai tanggal 10 Februari – 7 Maret 2020 dan pengambilan data melalui observasi, wawancara dan kuisioner ¬pre-test, post-test. Dewan Guru yang diberikan intervensi ini merupakan seluruh Dewan Guru yang berdinas di shift pagi yang berjumlah 15 orang. Hasil setelah dilakukannya intervensi terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap Dewan Guru setelah diberikan pendidikan kesehatan dibuktikan dengan hasil kuisioner post-test bahwa 93,4% Dewan Guru memiliki tingkat pengetahuan tentang penerapan pediatric triage metode jumpstart. Diharapkanke pada pihak sekolah untuk melakukan dan melanjutkan program pelaksanaan pendidikan kesehatan tentang penanganan awal kegawatdaruratan di sekolah dengan berbagai kasus yang sering terjadi di SD N 21 LubukLintah. Katakunci : Anak usia sekolah, triage anak disekolah, Kegawat daruratan DaftarPustaka :43(2009-2020).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Mahathir, M.Kep, Sp.Kep Kom
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 07 Jul 2020 09:29
Last Modified: 07 Jul 2020 09:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59310

Actions (login required)

View Item View Item