ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS : SIMULASI SIAGA BENCANA GEMPA BUMI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP KESIAPSIAGAAN ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 21 LUBUK LINTAH PADANG TAHUN 2020

Rika, Syubri Dewi (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS : SIMULASI SIAGA BENCANA GEMPA BUMI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP KESIAPSIAGAAN ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 21 LUBUK LINTAH PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PROGRAM STUDI PROFESI NERS FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS MARET 2020 Nama : RIKA SYUBRI DEWI BP : 1841313021 ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS: SIMULASI SIAGA BENCANA GEMPA BUMI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP KESIAPSIAGAAN ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 21 LUBUK LINTAH PADANG TAHUN 2020 ABSTRAK Sumatera Barat merupakan salah satu daerah rawan akan bencana gempa bumi. Kerentanan anak-anak terhadap bencana dipicu oleh faktor keterbatasan pemahaman tentang resiko di sekeliling mereka yang berakibat tidak adanya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Banyak korban terjadi pada anak usia sekolah baik di jam sekolah atapun di luar jam sekolah, hal ini menunjukkan bahwa pentingnya pengetahuan tentang bencana dan pengurangan resiko bencana diberikan sejak dini. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan simulasi atau bermain peran dalam siaga bencana gempa bumi. Tujuan dilakukan intervensi asuhan keperawatan ini adalah menggambarkan asuhan keperawatan simulasi menghadapi bencana gempa bumi terhadap kesiapsiagaan anak usia sekolah di SDN 21 Lubuk Lintah Padang. Pemberian asuhan keperawatan dilaksanakan mulai tanggal 10 Februari-7 Maret 2020 dan pengambilan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner pre-test, post-test. Siswa yang diberikan intervensi ini merupakan perwakilan siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang. Hasil setelah dilakukannya intervensi terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap siswa setelah diberikan simulasi siaga bencana gempa bumi dibuktikan dengan hasil kuesioner post-test bahwa 83% siswa memiliki tingkat pengetahuan kesiapsiagaan tinggi dan 100% siswa memiliki sikap yang baik. Diharapkan kepada pihak sekolah untuk melakukan dan melanjutkan program pelaksanaan simulasi siaga bencana untuk mengurangi korban jiwa pada anak sekolah di SDN 21 Lubuk Lintah. Kata kunci : Anak Usia Sekolah, Kesiapsiagaan Bencana, Metode Simulasi Daftar pustaka : 56 (2006 - 2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S.Kp, MA
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 07 Jul 2020 08:31
Last Modified: 07 Jul 2020 08:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59304

Actions (login required)

View Item View Item