HUBUNGAN KOMUNIKASI DOKTER – PASIEN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BEROBAT DI POLIKLINIK RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

TIARA, WAHYUNI (2013) HUBUNGAN KOMUNIKASI DOKTER – PASIEN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BEROBAT DI POLIKLINIK RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
813.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi dokter – pasien adalah suatu hal yang sangat penting dalam proses terapeutik di Rumah Sakit. Kualitas komunikasi yang terjadi diantara kedua belah pihak akan menghasilkan kepuasan di dalam diri pasien karena pasien akan merasa puas dan kembali lagi ke dokter yang sama jika komunikasi mereka baik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi dokter – pasien dengan kepuasan pasien berobat di poliklinik RSUP Dr. M. Djamil Padang. Desain penelitian adalah Cross Sectional dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 107 orang. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan program komputer SPSS for windows 17 dengan uji statistik chi-square. Hasil analisis univariat menunjukkan komunikasi dokter – pasien cukup baik yaitu 46,7% dan tingkat kepuasan pasien yaitu 86,9%. Hasil analisis bivariat secara umum menunjukkan ada hubungan bermakna antara komunikasi dokter – pasien terhadap kepuasan pasien. Diharapkan penelitian ini bermanfaat untuk RSUP Dr. M. Djamil Padang untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan baik dokter maupun tenaga kesehatan lainnya. Kata kunci : komunikasi, kepuasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 29 Apr 2016 05:05
Last Modified: 29 Apr 2016 05:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5927

Actions (login required)

View Item View Item