Perbandingan Performansi Kolektor Surya Point Parabolic Concentrating Reflektor Aluminium Foil Statis Dan Dengan Tracking System

MUHAMMAD, Mikhael Tizanov (2020) Perbandingan Performansi Kolektor Surya Point Parabolic Concentrating Reflektor Aluminium Foil Statis Dan Dengan Tracking System. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan abstrak (3).pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (5).pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kolektor surya memiliki tiga tipe salah satunya point parabolic concentrating. Kolektor surya tipe ini membutuhkan reflektor untuk memantulkan intensitas matahari ke absorber. Reflektor yang digunakan harus terbuat dari bahan yang dapat memantulkan cahaya matahari salah satunya adalah Aluminium foil. Namun efisisensi yang dihasilkan masih kecil karena intensitas cahaya matahari yang didapatkan kurang maksimal sehingga dikembangkan penggunaan tracking system. Pada pengujian sebelumnya, belum ditentukan variable control untuk membandingkan efisiensi antara kolektor statis dan tracking tersebut. Oleh sebab itu, untuk mengetahui reflektor yang memiliki efisiensi paling baik diperlukan penelitian dengan membandingkan kedua tipe kolektor surya reflektor aluminium foil tersebut. Untuk mengetahui efisiensi kolektor surya, pada penelitian ini dilakukan eksperimen, untuk kedua tipe kolektor surya tersebut yakni yang menggunakan reflektor aluminium foil tracking dan yang menggunakan reflektor aluminium foil statis. Pengujian dilakukan pada pukul 10.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB dengan interval 25 menit selama 3 hari. Setelah penelitian dilakukan, didapatkan bahwa rata-rata perubahan temperatur kolektor surya tracking (31,55) lebih tinggi dibandingkan kolektor statis (20,52). Begitu juga dengan efisiensi tertinggi kolektor surya tracking (91,08%) lebih tinggi dibandingkan dengan efisiensi tertinggi kolekor surya statis (62,43%). Jadi dapat disimpulkan bahwa kolektor surya reflektor aluminium foil tracking lebih baik dibandingkan kolektor surya reflektor aluminium foil statis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Iskandar R, M.T
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 15 Jul 2020 06:33
Last Modified: 15 Jul 2020 06:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59228

Actions (login required)

View Item View Item