PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)

EVAN, RAMA WIJAYA (2020) PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstract)
Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap manajemen pajak. Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur dengan return on assets (ROA) dan leverage yang diukur dengan debt to equity ratio (DER). Variabel dependen adalah manajemen pajak yang diukur dengan tax avoidance rate (TAR). Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan selama periode 2015-2017. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS 16.0. Hasil pengujian menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap manajemen pajak, sedangkan leverage berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Keterbatasan penelitian ini adalah periode pengamatan dalam penelitian ini hanya selama tiga tahun pengamatan, yakni dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2017, selain itu sampel penelitian yang diperoleh jumlahnya 10 perusahaan. Penelitian selanjutnya diharapkan memakai periode penelitian yang lebih lama dengan menambah tahun penelitian untuk menghasilkan informasi yang lebih reliable. Penelitian di masa yang akan datang juga dapat menggunakan proxy lain untuk mengukur manajemen pajak sehingga dapat dilihat apakah temuan penelitian ini tetap konsisten. Penambahan variabel independen lainnya juga dimungkinkan dalam penelitian selanjutnya karena masih banyak faktor lain yang mempengaruhi manajemen pajak. Kata Kunci : Profitabilitas, Leverage, dan Manajemen Pajak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fauzan Misra, SE, M.Sc, Ak, CA, BKP
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 24 Jun 2020 08:17
Last Modified: 24 Jun 2020 08:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59191

Actions (login required)

View Item View Item