MOTIF PELAKU PERUNDUNGAN DIKALANGAN SISWI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (Studi Kasus : Perundungan Siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Batipuh, Kabupaten Tanah Datar)

Maulida, Rahayu (2020) MOTIF PELAKU PERUNDUNGAN DIKALANGAN SISWI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (Studi Kasus : Perundungan Siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Batipuh, Kabupaten Tanah Datar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi full ayu (upload).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Motif perundungan yang dilakukan oleh 4 informan yang melakukan perundungan dilingkungan sekolah SMK N 1 Batipuh Perundungan adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain, tindakan ini dapat menjadi kebiasaan dan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial atau fisik. Tindakan tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja dengan berbagai motif dan tujuan. Pada penelitian ini menggambarkan tindakan perundungan dari 4 informan, dengan tujuan untuk mengungkap motif beserta jenis-jenis perundungan yang dilakukan dilingkungan sekolah Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Fenomenologi dari Alfred Schutz, yang mencakup Because Motive dan In Order to Motive. Sementara pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan teknik wawancara mendalam kepada 4 informan yang melakukan tindakan perundungan Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif yang melatarbelakangi tindakan perundungan dilingkungan sekolah, because motive diantaranya, tindakan yang mendapatkan pembenaran, rasa setia kawanan, melakukan perundungan sebagai bentuk kepuasan diri, tidak ingin menjadi satu-satunya pelaku perundungan, untuk tetap memperoleh uang. Sementara in order to motive mencakup, keinginan untuk mendapatkan pujian, Keinginan perubahan perilaku bagi korban perundungan, keinginan untuk mempermalukan korban perundungan didepan umum

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Jendrius, M.Si
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi, Perundungan, Because Motive, In Order to Motive
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 20 Nov 2020 04:27
Last Modified: 20 Nov 2020 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59047

Actions (login required)

View Item View Item