PRAKTIK SOSIAL PENCARIAN JODOH PADA PERANTAU MINANGKABAU (Kasus Perempuan Minangkabau di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau)

Ranti, Juliani (2020) PRAKTIK SOSIAL PENCARIAN JODOH PADA PERANTAU MINANGKABAU (Kasus Perempuan Minangkabau di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV Penutup)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL Ranti fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang praktik sosial pencarian jodoh yang dilakukan para perantau Minangkabau yang ada di Kecamatan Mandau. Praktik pencarian jodoh disini merupakan praktik-praktik sosial yang dilakukan perantau dalam mencari jodoh, tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan praktik sosial pencarian jodoh pada perempuan perantau minang beserta variabel-variabel yang mempengaruhi pola pencarian jodoh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Strukturasi dari Anthony Giddens yang membahas dualitas antara agen dan struktur, sementara pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskrptif, responden dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik systematic random sampling. Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan teknik survei kepada responden perempuan Minang di Kecamatan Mandau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik sosial pencarian jodoh di Kecamatan Mandau diantaranya yaitu, pertama dijodohkan atau dipilihkan calon suami oleh pihak ketiga khususnya oleh pihak keluarga saja bukan dari pihak diluar keluarga, perjodohan ini ditemukan sebanyak 27% dari 117 responden peneliti. Kedua dengan cara dikenalkan diamana hanya sebatas mengenalkan calon suami kepada responden dan keputusan akhir untuk menerima calon suami ada di responden, praktik dikenalkan ini ditemukan sebanyak 44% responden. Praktik perjodohan yang ketiga yaitu dengan cara mencari sendiri, disini responden mencari jodoh mereka sendiri dengan mencari sesuai kriteria yang mereka inginkan, praktik mencari sendiri ini ditemukan ada 29% responden. Sedangkan variabel yang menjadi bahan pertimbangan dalam praktik sosial pencarian jodoh pada perempuan minang perantau ini meliputi: daerah asal calon suami, usia, pekerjaan, pendapatan, dan pendidikan dari calon suami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Jendrius, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strukturasi, Perjodohan, Perempuan, Agen dan Struktur
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 11 Nov 2020 02:13
Last Modified: 11 Nov 2020 02:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/58939

Actions (login required)

View Item View Item