PENGARUH KONFLIK PERAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI MEDIASI (STUDI KASUS PEGAWAI PUSKESMAS KOTA XYZ)

Dyana, Yuri Aurora (2020) PENGARUH KONFLIK PERAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI MEDIASI (STUDI KASUS PEGAWAI PUSKESMAS KOTA XYZ). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab Terakhir.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Keseluruhan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) Konflik peran (Konflik Intra-role, Konflik intrasender, Konflik interrole, Ekspektasi dan permintaan yang bertentangan serta standar evaluasi yang tidak sesuai) terhadap kinerja pegawai, (2) Kecerdasan spiritual terhadap konflik peran pegawai (3) Kecerdasan spiritual terhadap kinerja pegawai, dan (4) Konflik peran yang diperantarai oleh kecerdasan spiritual terhadap kinerja pegawai. Populasi dalam penelitian ini adalah ASN pada 4 puskesmas dikota XYZ yang berjumlah 155 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 108 orang. Hasil penelitian ini menemukan bahwa : (1) Konflik Intrasender, Ekspektasi dan permintaan yang bertentangan serta standar evaluasi yang tidak sesuai berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Semakin tinggi konflik peran yang dialami oleh pegawai, maka akan semakin rendah kinerjanya (2) Kecerdasan spiritual memediasi secara parsial hubungan antara ekspektasi dan permintaan yang bertentangan serta standar evaluasi yang tidak sesuai terhadap kinerja pegawai (3) Besarnya pengaruh konflik peran terhadap kinerja pegawai ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 sebesar 0.515 yang menunjukkan bahwa pada Puskesmas Kota XYZ, kinerja pegawai dipengaruhi oleh konflik peran dan kecerdasan spiritual sebesar 51.5% (4) Besarnya pengaruh konflik peran terhadap kecerdasan spiritual ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 sebesar 0.352 yang menunjukkan bahwa pada Puskesmas Kota XYZ kecerdasan spiritual dipengaruhi oleh konflik peran sebesar 35.2% (5) Faktor paling dominan dalam mempengaruhi kinerja individu adalah ekspektasi dan permintaan yang bertentangan serta standar evaluasi yang tidak sesuai sehingga faktor ini harus menjadi perhatian utama Puskesmas Kota XYZ dalam rangka mewujudkan tujuan oganisasinya. Kata Kunci : Konflik Intrarole, Konflik Intrasender, Konflik Interrole, Ekspektasi dan permintaan yang bertentangan serta standar evaluasi yang tidak sesuai, Kecerdasan Spiritual, Kinerja Individu

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Rahmi Fahmy SE, MBA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:06
Last Modified: 04 Nov 2020 04:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/58833

Actions (login required)

View Item View Item