IDENTIFIKASI FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN DAN SIMPANAN PADA BANK SYARIAH

Muhammad, Ikhsan (2017) IDENTIFIKASI FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN DAN SIMPANAN PADA BANK SYARIAH. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
3. BAB Akhir (Penutup Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
5. Thesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berbeda dengan periode sebelumnya, pada rentang 5 tahun terakhir ini periode 2011 – 2015 perkembangan perbankan syariah di Indonesia justru cenderung melambat dan sedikit mengkhawatirkan. Salah satu upaya yang mungkin dapat dilakukan oleh perbankan syariah adalah dengan melakukan evaluasi terhadap strategi-strategi pemasaran yang telah dilakukan selama ini. Salah satunya mengidentifikasi faktor penentu keputusan konsumen dalam menggunakan produk pembiayaan dan simpanan pada bank syariah. Dari hasil kuesioner kepada 75 orang nasabah simpanan dan 75 orang nasabah pembiayan dan kemudian dilakukan pengolahan data menggunakan SPSS 19.0, didapat hasil yaitu faktor-faktor yang dianggap penting oleh konsumen dalam menentukan keputusan untuk menggunakan produk dan jasa “Pembiayaan” dan “Simpanan” pada bank syariah. Untuk produk dan jasa “Pembiayaan” faktor-faktornya adalah integritas yang baik yang ditunjukkan oleh pegawai bank syariah terhadap pembiayaan yang diberikan pada nasabah (Q18), jumlah angsuran bulanan pembiayaan yang lebih rendah pada bank syariah (Q1), discount atau potongan margin yang cukup besar saat nasabah melakukan pelunasan sebelum jatuh tempo (Q3), kemampuan tenaga pemasar bank syariah dalam menjalin komunikasi dan ikatan emosional (Q21), dan kegiatan perbankan yang dilaksanakan sesuai dengan prinsip syariah Islam (Q12). Sedangkan faktor-faktor yang dianggap penting oleh konsumen dalam menentukan keputusan untuk menggunakan produk dan jasa “Simpanan” pada bank syariah adalah reputasi bank syariah (Q9), kualitas dan kenyamanan layanan yang baik yang diberikan dikantor bank syariah (Q10), kegiatan perbankan yang dilaksanakan yang sesuai dengan prinsip syariah Islam (Q1), adanya jaminan keamanan dana nasabah dari kemungkinan pembobolan sistem (Q11) , dan keramahan, sopan santun pegawai bank yang cukup baik selama bertransaksi (Q16). Kata kunci : faktor penentu keputusan nasabah, bank syariah, simpanan, pembiayaan

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Syafrizal, SE, ME
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:19
Last Modified: 24 Jun 2020 02:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/58823

Actions (login required)

View Item View Item