IDENTIFIKASI PENGGUNAAN APD UNTUK MITIGASI RISIKO KECELAKAAN PEKERJA DI PROYEK GEDUNG STUDI KASUS PADA PROYEK GEDUNG MASJID NURUL MADINA DI JL. IR. JUANDA KEL. FLAMBOYAN BARU KEC. PADANG BARAT, KOTA PADANG

Ilham, Wahyudy (2020) IDENTIFIKASI PENGGUNAAN APD UNTUK MITIGASI RISIKO KECELAKAAN PEKERJA DI PROYEK GEDUNG STUDI KASUS PADA PROYEK GEDUNG MASJID NURUL MADINA DI JL. IR. JUANDA KEL. FLAMBOYAN BARU KEC. PADANG BARAT, KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
1310921010_ Ilham wahyudy watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER Dan judul.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Tanpa adanya manajemen terhadap K3 akan banyak bahaya yang menyebabkan kecelakaan kerja pada suatu proyek konstruksi, termasuk proyek gedung. Pekerjaan konstruksi di bidang gedung sangat rentan dengan kecelakaan konstruksi. Kecelakaan konstruksi bisa saja menimpa orang di sekitar lokasi proyek maupun luar lokasi proyek. Kerugian yang ditimbulkan akibat kecelakaan konstruksi berakibat ke beberapa aspek yaitu bagi pekerja, publik, kerusakan harta benda dan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan observasi apa saja potensi bahaya yang terjadi pada setiap langkah-langkah pekerjaan gedung, membandingkan penggunaan dan ketersediaan APD pada kontraktor dengan standar APD, menganalisis bagaimana solusi pencegahan potensi bahaya yang terjadi pada setiap langkah-langkah pekerjaan proyek. Metode penelitian yang digunakan yaitu identifikasi masalah, studi literatur, pengumpulan data, identifikasi penggunaan APD untuk mitigasi risiko kecelakaan pekerjaan di proyek dengan metode JSA (Job Safety Analysis), membandingkan JSA pada kontraktor dengan JSA standar terutama tentang APD. Proyek Mesjid Nurul Madina dengan jumlah 26 orang terdiri dari Subkonraktor, Mandor, Tukang kayu A, B, C, dan D, Tukang besi A, B, C, dan D, Pekerja A, B, C, D, E, F, G, H ,I, J, K, L, M, N, O, P, dan Q maka diperoleh APD sebanyak 26 buah sepatu boots, 23 buah sarung tangan, 13 buah masker, 14 buah helm proyek, 5 buah bantalan Pundak atau kepala, 1 buah kaca mata proyek 7 buah Harness dan tali pengaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Bambang Istijono
Uncontrolled Keywords: bahaya, kecelakaan, pencegahan, konstruksi, gedung
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 29 Jul 2020 08:27
Last Modified: 29 Jul 2020 08:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/58629

Actions (login required)

View Item View Item