Perbedaan kejadian anemia pada pasien penyakit ginjal kronik dengan diabetes melitus dan non diabetes melitus di rsup dr m djamil padang

Arisca, Indryani (2020) Perbedaan kejadian anemia pada pasien penyakit ginjal kronik dengan diabetes melitus dan non diabetes melitus di rsup dr m djamil padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup))
BAB akhir (penutup).pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PERBEDAAN KEJADIAN ANEMIA PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DENGAN DIABETES MELITUS DAN NON-DIABETES MELITUS DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG Oleh Arisca Indryani Penyakit ginjal kronik (PGK) adalah kerusakan ginjal dan penurunan laju filtrasi glomerulus (LFG) dibawah 60 ml/min/1,73 m2 selama minimal 3 bulan. Penyebab tersering PGK adalah diabetes melitus (DM). Anemia merupakan penyulit yang paling sering dijumpai pada penyakit ginjal kronik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kejadian anemia pada pasien penyakit ginjal kronik dengan diabetes melitus dan non-diabetes melitus. Jenis penelitian ini adalah analitik retrospektif dengan mengambil data sekunder rekam medik 114 pasien PGK di RSUP Dr. M. Djamil Padang dari Oktober 2018 – September 2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah Chi Square Test. Hasil penelitian menunjukkan pasien PGK paling banyak laki-laki (54,4%). Pasien PGK terbanyak pada kelompok usia 45-60 tahun. Sebanyak 86% pasien pada stadium 5 dan 91,2% pasien menderita anemia. Terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata kadar Hb pasien PGK dengan DM dan non-DM. Analisis statistik menunjukkan kejadian anemia lebih tinggi pada pasien PGK dengan DM (96,5%). Penelitian ini disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan kejadian anemia pada pasien PGK dengan DM dan non-DM. Kata kunci: Anemia, Penyakit Ginjal Kronik, Diabetes Melitus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.dr.Ellyza Nasrul,Sp.PK(K)
Uncontrolled Keywords: Anemia, chronic kidney disease, diabetes mellitus
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 25 Jun 2020 04:48
Last Modified: 25 Jun 2020 04:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/58527

Actions (login required)

View Item View Item