Elsa, Nana Rullando (2020) Tindak Tutur Ilokusi Direktif Guru dalam Proses Belajar-Mengajar di SLB Negeri 1 Alahan Panjang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (513kB) | Preview |
|
|
Text (PENUTUP)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (318kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis tindak tutur ilokusi direktif yang digunakan oleh guru dalam proses belajar-mengajar di SLB Negeri 1 Alahan Panjang, (2) menjelaskan fungsi tindak tutur ilokusi direktif yang digunakan oleh guru dalam proses belajar-mengajar di SLB Negeri 1 Alahan Panjang. Metode dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode dan teknik yang dikemukakan oleh Sudaryanto. Ada tiga tahapan strategis yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu (1) tahap penyediaan data, (2) tahap analisis data, dan (3) tahap penyajian hasil analisis data. Pada tahap penyediaan data, metode yang digunakan adalah metode simak dengan teknik dasarnya teknik sadap dan teknik lanjutan menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Pada tahap analisis data, metode yang digunakan adalah metode padan translasional dan pragmatis. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dan teknik lanjutan Hubung Banding Membedakan (HBB). Pada tahap penyajian hasil analisis data, metode yang digunakan adalah metode penyajian informal. Berdasarkan analisis data, ditemukan enam jenis tindak tutur ilokusi direktif yang digunakan guru dalam proses belajar-mengajar, yaitu permintaan, pertanyaan, perintah, larangan, pemberian izin, dan nasihat. Fungsi tindak tutur ilokusi direktif yang ditemukan, yaitu requestives (meminta), questions (bertanya), requerements (menuntut, menghendaki, memerintah), prohibitives (larangan), permissives (membolehkan), dan advisories (menasihati dan memperingatkan). Tindak ilokusi direktif yang sering digunakan oleh guru dalam proses belajar-mengajar di SLB Negeri 1 Alahan Panjang, yaitu ilokusi direktif perintah dan larangan. Kata Kunci: tindak tutur ilokusi, direktif, guru SLB
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Aslinda, M.Hum. |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia |
Depositing User: | s1 sastra indonesia |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 07:28 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 07:28 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/58502 |
Actions (login required)
View Item |