PENGARUH PEMBERIAN RAMIPRIL TERHADAP EKSPRESI ENDOTHELIN-1 TIKUS WISTAR (Rattus norvegicus) YANG DIINDUKSI INFARK MIOKARD

Vinta, Nuranisyah (2020) PENGARUH PEMBERIAN RAMIPRIL TERHADAP EKSPRESI ENDOTHELIN-1 TIKUS WISTAR (Rattus norvegicus) YANG DIINDUKSI INFARK MIOKARD. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7. Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Endothelin-1 merupakan vasokonstriktor endogen dan bertindak sebagai padanan alami vasodilator, nitrat oksida. Ramipril merupakan salah satu ACE- Inhibitor yang dapat menghambat degradasi bradikinin dan meningkatkan produksi NO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ramipril terhadap ekspresi endothelin-1 tikus wistar (rattus norvegicus) yang diinduksi infark miokard. Penelitian ini merupakan true experimental dengan post-test only control group design. Sebanyak 32 ekor tikus dibagi menjadi empat kelompok yaitu kontrol negatif (K-), kontrol positif (K+) yang diberikan NaCL 0,9%, dan 2 kelompok perlakuan yang diberikan Ramipril dengan dosis 3 dan 4 mg/kgBB/hari selama 7 hari. kelompok K+, P1, dan P2 selanjutnya diinduksi isoproterenol dosis 85 mg/kgBB selama 2 hari berturut-turut. Pemeriksaan ekspresi relatif Endothelin-1 jaringan miokard menggunakan metode Real-Time Polymerase Chain Reaction (RT- PCR). Analisis data menggunakan One Way Anova dan Post Hoc yaitu Least Significant Differences (LSD). Ekspresi relatif kelompok P1 lebih rendah dibanding kelompok K+. Rerata ekspresi relatif endothelin-1 pada kelompok K- adalah 0,0098, K+ adalah 0,0136, P1 adalah 0,0118 dan P2 adalah 0,0183. Tidak didapatkan perbedaan yang signifikan antara kelompok K- dengan K+ (p>0,05). Kelompok K+ juga tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelompok P1 dan P2. Perbedaan yang signifikan hanya didapatkan antara kelompok P2 dengan P1 dan kelompok kontrol negatif dengan nilai p<0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian ramipril dapat mempengaruhi ekspresi relatif endothelin-1 jaringan miokard. Pemberian pretreatment ramipril sebelum induksi infark miokard dosis 3 mg/KgBB lebih baik dalam menurunkan ekspresi relatif ET-1 dibanding dosis 4 mg/kgBB, walaupun tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan kelompok kontrol positif yang tidak diberikan pretreatment ramipril sebelum induksi infark. Kata kunci : Ramipril, ACE-Inhibitor, Endothelin-1, Induksi Infark miokard.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Gestina Aliska Sp.FK
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 10 Jul 2020 03:36
Last Modified: 10 Jul 2020 03:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/58444

Actions (login required)

View Item View Item