KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN BAHARUDDIN-SYAHRUL TERHADAP PEMILIH DALAM PEMILUKADA LANGSUNG TAHUN 2010 DI KABUPATEN PASAMAN BARAT

WIDIA, CHANDRA (2013) KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN BAHARUDDIN-SYAHRUL TERHADAP PEMILIH DALAM PEMILUKADA LANGSUNG TAHUN 2010 DI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
839.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)

Abstract

Widia Chandra, BP 06993029, Komunikasi Politik Pasangan Baharuddin-Syarul Terhadap Pemilih Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Langsung Tahun 2010 Di Kabupaten Pasaman Barat. Dibimbing oleh pembimbing I Thamrim Kiram, M.Si dan pembimbing II Novi Budiman, S.IP, M.Si, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas Padang, 2012, skripsi ini terdiri 138 halaman, 15 buku, 3 skripsi, 2 undang-undang, dan data penunjang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Pesan politik dalam komunikasi politik Pasangan Buharuddin-syarul terhadap pemilih dalam pemilukada langsung tahun 2010 di Kabupaten pasaman barat, Provinsi sumatera barat. Dimana penelitian ini di fokuskan pada pesan politik dari komunikasi politik yang di jalankan oleh pasangan tersebut. Hal ini berawal dari perubahan tata cara Pemilukada, dimana masyarakat langsung dapat menentukan pilihan terhadap calon yang diinginkannya. Maka diperlukan komunikasi politik yang tepat untuk mempengaruhi dan meyakinkan masyarakat pemilih untuk menetapkan pilihannya. Penelitian mengunakan pendekatan kualitatif yang didukung oleh teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi, maka penelitian ini berusaha menampilkan data yang bersifat deskriptif. Sedangkan teknik pengambilan informan dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan Pesan politik yang disampaikan dalam komunikasi politik pasangan Baharuddin-Syarul tertuju pada sasaran tertentu, bentuk pesan yang disampaikan dalam komunikasi politik ini melalui bahasa 1). Propaganda, pesan politik yang dilakukan pada kelompokkelompok yang mempunyai masa, 2). Periklanan, pesan politik juga disampaikan melalui media cetak dan elktronik 3.) Retorika, sedangkan untuk retorika dilihat dari gaya penyampaian pesan politik melalui kampanye. Terakhir komunikasi politik pada akhirnya akan menghasilkan pengaruh dari pesan dalam es komunikasi politik yang terjadi. Dari penelitian ini pengaruh yang terjadi berupa dukungan yang diberikan oleh pemilih baik itu kelompok yang terorganisasi yang mempunyai banyak massa, ataupun masyarakat lainnya. Kata Kunci : komunikasi politik, Pesan Politik, Pemilukada

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:44
Last Modified: 29 Apr 2016 02:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5833

Actions (login required)

View Item View Item