KUALITAS SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWAH (BAHAN KERING DAN LEMAK) YANG DIBERI RANSUM BUNGKIL INTI SAWIT, Tithonia diversifolia, DAN DAUN UBI JALAR

Muhammad, Amar (2020) KUALITAS SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWAH (BAHAN KERING DAN LEMAK) YANG DIBERI RANSUM BUNGKIL INTI SAWIT, Tithonia diversifolia, DAN DAUN UBI JALAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 5.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Skripsi fulltext.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas susu kambing Peranakan Etawah (PE) (Bahan Kering, BKTL, dan Lemak) yang diberi ransum bungkil inti sawit (BIS), Tithonia diversifolia, dan daun ubi jalar. Penelitian dilaksanakan di Peternakan Ranting Ameh, Agam, Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan 20 ekor kambing PE laktasi 1 dan 2. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan analisis laboratorium. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan yaitu pemberian ransum perlakuan A (100% ampas tahu + Tithonia diversifolia), B (75% ampas tahu + 25% KBIS + Tithonia diversifolia + daun ubi jalar), C (50% ampas tahu + 50% KBIS + Tithonia diversifolia + daun ubi jalar), D (25% ampas tahu + 75% KBIS + Tithonia diversifolia + daun ubi jalar), dan E (0% ampas tahu + 100% KBIS + Tithonia diversifolia + daun ubi jalar). Peubah yang diamati adalah bahan kering dan lemak susu kambing PE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian KBIS sampai 100% ditambah Tithonia diversifolia dan daun ubi jalar memberikan pengaruh yang berbeda tidak nyata untuk semua perlakuan (P>0.05). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kadar bahan kering sebesar 14,63% dan kadar lemak susu 5,66%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian KBIS sampai 100% mampu mempertahankan kualitas susu dengan adanya penambahan Tithonia diversifolia dan daun ubi jalar sebagai campuran dalam pakan. Kata kunci : Kambing PE, Kualitas Susu, KBIS, Tithonia diversifolia, Daun Ubi Jalar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:02
Last Modified: 30 Sep 2020 03:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/58203

Actions (login required)

View Item View Item