PERUBAHAN KEANEKARAGAMAN BIOTA TANAH PADA BEBERAPA TIPE PENGGUNAAN LAHAN KAWASAN HUTAN HUJAN TROPIK BUKIT PINANG-PINANG PADANG, INDONESIA

Fenky, Marsandi (2020) PERUBAHAN KEANEKARAGAMAN BIOTA TANAH PADA BEBERAPA TIPE PENGGUNAAN LAHAN KAWASAN HUTAN HUJAN TROPIK BUKIT PINANG-PINANG PADANG, INDONESIA. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK(6).pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN(3).pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA(11).pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[img] Text (DISERTASI FULL TEXT)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian perubahan keanekaragaman biota tanah pada beberapa tipe lahan kawasan hutan hujan tropik bukit Pinang-Pinang Padang, Indonesia merupakan rangkaian penelitian sejak tahun 1984. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjelaskan karakteristik perubahan keanekaragaman biota tanah yang terdiri atas fauna tanah dan bakteri tanah sebagai akibat perubahan penggunaan lahan dalam mendukung keberlanjutan ekosistem kawasan hutan hujan tropik bukit Pinang-Pinang Padang, Indonesia. Analisis kesuburan tanah ditentukan berdasarkan karakteristik kimia tanah, fisika tanah dan potensi hara serasah, sedangkan keanekaragaman fauna tanah dikaji hingga keanekaragaman fungsional yang menyusun rantai makanan fauna tanah pada masing-masing tipe lahan tersebut. Pada penelitian ini juga dilakukan analisis kepadatan populasi bakteri tanah hingga identifikasi molekuler bakteri tanah dominan sebagai faktor biotik dan komponen biota tanah lainnya. Selanjutnya, dilakukan analisis korelasi faktor biotik dan abiotik tanah dalam mempengaruhi kelimpahan dan keanekaragaman biota tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kesuburan tanah tertinggi terdapat pada tipe lahan kebun monokultur dengan pH 5.78, N 0.56%, P 20.64 ppm, K 0.14 me/100gr, C 6.88% dan KTK 16.59 me/100gr. Sedangkan keanekaragaman fauna tanah tertinggi terdapat pada tipe lahan hutan yaitu bulan 1: 3.134, bulan ke-2: 3.313, bulan ke-3: 3.314 dan bulan ke-4: 2.890. Berdasarkan keanekaragaman tersebut didapatkan empat kelompok fungsional fauna tanah yang terdiri atas herbivora, predator, parasitoid dan detrivora yang membentuk struktur jaring makanan fauna tanah, di mana banyak tautan tingkat trofik jaring makanan fauna tanah yang terputus pada tipe lahan terbuka dan monokultur. Komponen biota tanah lainnya, yaitu bakteri tanah memiliki kepadatan populasi tertinggi pada tipe lahan kebun campuran 8.0162 log cfu/gr tanah. Tingkat keanekaragaman bakteri tanah berdasarkan tipe koloni tertinggi terdapat pada tipe lahan monokultur dengan jumlah 22 koloni bakteri. Selanjutnya, korelasi signifikan faktor abiotik dan biotik tanah terdapat pada pH tanah, kadar air tanah dan N serasah terhadap keanekaragaman fungsional fauna tanah herbivora dengan nilai signifikansi 0.022, 0.005 dan 0.010; kandungan P dan C serasah terhadap jumlah fauna tanah dengan nilai signifikansi 0.024 dan 0,050; kandungan N serasah terhadap keanekaragaman fauna tanah yaitu 0.041 dan kandungan P serasah terhadap keanekaragaman fauna tanah detrivora yaitu 0.035, sedangkan korelasi kepadatan populasi bakteri dan keanekaragaman tipe koloni bakteri tanah tidak menunjukkan korelasi signifikan terhadap faktor abiotik tanah. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perubahan penggunaan lahan kawasan hutan hujan tropik bukit Pinang-Pinang dapat mengakibatkan perubahan struktur komposisi dan keanekaragaman biota tanah yang berpotensi menimbulkan dampak pada terganggunya keseimbangan ekosistem.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Hermansah, M.S., M.Sc
Uncontrolled Keywords: hutan, kesuburan tanah, keanekaragaman, fauna tanah, jaring makanan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: S3 Ilmu-Ilmu Pertanian
Date Deposited: 27 Aug 2020 04:28
Last Modified: 27 Aug 2020 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/58084

Actions (login required)

View Item View Item