GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN MAHASISWA TERHADAP PENYEBARAN PENYAKIT HUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUS/ACQUIRED IMMUNODEFICIENCY SYNDROME (HIV/AIDS)

Yohandoko, Jufri (2020) GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN MAHASISWA TERHADAP PENYEBARAN PENYAKIT HUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUS/ACQUIRED IMMUNODEFICIENCY SYNDROME (HIV/AIDS). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi full + Turnitin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah retrovirus yang dapat menginfeksi, menghancurkan, dan merusak fungsi sel kekebalan tubuh manusia. Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) adalah sekumpulan gejala penyakit yang menyerang tubuh manusia setelah sistem kekebalan tubuh dirusak oleh HIV. Penyakit ini di Kota Padang selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya. Penularan penyakit ini juga terjadi perubahan yang dimana dulunya terjadi pada hubungan seksual heteroseks dan penggunaan narkoba suntik, sekarang tertinggi pada hubungan lelaki seks lelaki (LSL). Terus bertambahnya kasus infeksi ini terutama pada kalangan usia muda/remaja merupakan masalah yang serius. Rendahnya pengetahuan, sikap, maupun tindakan remaja terhadap penyebaran penyakit HIV/AIDS bisa menjadi salah satu faktor dalam terjadinya penyebaran penyakit ini. Jenis penelitian yaitu deskriptif dengan metode cross sectional. Responden penelitian ini adalah mahasiswa kedokteran Universitas Andalas. Tingkatan pengetahuan, sikap, maupun tindakan tentang HIV / AIDS dari 130 mahasiswa kedokteran dikumpulkan dengan mengisi kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat. Penelitian ini menemukan bahwa ada 62 responden (47,7%) mempunyai tingkat pengetahuan yang baik, 73 responden (56,2%) mempunyai sikap yang positif/baik dan 129 responden (99,2%) memiliki tindakan yang baik dalam menjauhkan diri dari tertularnya virus HIV/AIDS. Penelitian ini mendapatkan mayoritas responden mempunyai pengetahuan baik, sikap positif dan tindakan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Aisyah Elliyanti, Sp.KN(K), M.Kes
Uncontrolled Keywords: HIV, AIDS, pengetahuan, sikap, tindakan, LSL
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:41
Last Modified: 23 Jun 2020 04:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57900

Actions (login required)

View Item View Item