PENGARUH KELOMPOK REFERENSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG

FADLI, MUSRA (2014) PENGARUH KELOMPOK REFERENSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201508191017th_skripsi fadli musra 1010522087.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang Penelitian Perkembangan dunia tekonologi di era globalisasi semakin pesat. Sejumlah perusahaan berlomba untuk menciptakan produk tebaru untuk memenuhi permintaan pasar dan meningkatkan penjualan. Kebutuhan masyarakat sekarang ini yang mempunyai tingkat mobilitas yang tinggi dalam kesehariannya menimbulkan pesatnya perkembangan di bidang telekomunikasi. Untuk dapat selalu mengikuti perkembangan zaman dan memenuhi kebutuhan konsumen perusahaan-perusahaan mengakomodasikan permintaan tersebut dengan berbagai cara, salah satunya dengan meluncurkan produk baru atau dengan melakukan pengembangan produk yang sudah ada. Salah satu dari perkembangan kebutuhan konsumen terhadap teknologi informasi adalah kebutuhan akan ponsel yang dapat membantu berbagai macam aktifitas penggunanya. Oleh karena itu perusahaan berbasis teknologi informasi menciptakan ponsel pintar (smartphone). Smartphone dirancang untuk memudahkan aktifitas penggunanya dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk bekerja seperti sebagai alat percakapan, mengakses e-mail, memotret, mengakses internet, maupun untuk memberikan hiburan seperti mengakses jejaring sosial, mendesain sebuah gambar, untuk menonton televisi dan memainkan game. Hal ini berarti smartphone tidak lagi menjadi barang mewah bagi penggunananya, tetapi sudah menjadi suatu 2 kebutuhan. Smartphone menjadi sesuatu yang melekat bagi kepribadian seseorang, menjadi produk pribadi yang berharga dan sering kali lebih dari sekedar alat untuk berkomunikasi. Dilihat dari pengguna smartphone di Indonesia pun sudah semakin banyak. Tingginya jumlah penduduk menyebabkan Indonesia menjadi pasar yang potensial bagi perusahaan smartphone. Tidak memandang kelas sosial, pekerjaan, gaji, dan lain-lain. Dengan semakin maju perkembangan teknologi smartphone semakin membantu orang-orang dalam melakukan berbagai aktifitas, karena smartphone dapat dikatakan sebagai identitias seseorang. Tingkat penggunaan smartphone sangat dipengaruhi oleh factor demografis konsumen yang tidak terlepas dari perilaku pembelian dari konsumennya (Anaroga dan Iriani, 2013). Salah satu smartphone yang saat ini berkembang di Indonesia adalah Samsung. Samsung adalah salah satu perusahaan elektronik asal Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1938 dengan nama awal Samsung Grup. Awal kesuksesan Samsung di dunia smartphone dimulai pada April 2009 dengan meluncurkan ponsel pintar pertamanya yaitu Samsung i7500. Selanjutnya penjualan Samsung meningkat dengan sangat tajam, hingga pada Januari 2011 smartphone produksi Samsung mampu terjual sebanyak 10 juta unit. (www.beritateknologi.com diakses tanggal 26 Februari 2014 pukul 12.01). Menurut Tech In Asia dalam jogja.solopos.com, Samsung masih menjadi pemimpin pasar pada kuartal keempat 2014 meskipun dengan selisih penjualan yang 3 sangat tipis dengan Apple. Samsung memimpin dengan total penjualan lebih dari 33 juta unit pada periode yang sama tahun lalu. Raksasa Korea Selatan ini mengirim 75,1 juta smartphone dikuartal keempat tahun 2014. Sedangkan Apple mendapatkan penjualan pada angka 74,5 juta unit pada kuartal yang sama (jogja.solopos.com diakses tanggal 6 Juni 2015 pukul 19.57). Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Menurut Kotler dan Keller (2009), bahwa proses pengambilan keputusan konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor baik faktor pemasaran seperti produk, harga, distribusi, dan promosi maupun faktor lainnya seperti faktor ekonomi, teknologi, politik, dan budaya. Faktor-faktor tersebut dalam interaksinya dapat mempengaruhi perilaku konsumen baik secara parsial maupun secara stimultan. Kaitannya dengan pemilihan smartphone, sesorang lebih memilih smartphone yang sedang menjadi tren saat ini untuk mengikuti gaya hidup. Pemakaian smartphone sering juga disebabkan oleh faktor gengsi dan gaya hidup, karena kebanyakan orang belum menggunakan smartphone secara maksimal. Menurut Solomon (2007) gaya hidup mencerminkan pola konsumsi yang menggambarkan pilihan seseorang bagaimana ia menggunakan waktu dan uang. Sedangkan konsep yang terkait gaya hidup adalah psikogafik, dimana psikografik merupakan suatu instrumen untuk mengukur gaya hidup yang memberikan pengukuran kuantitatif. Psikografik sering dikaitkan sebagai pengukuran AIO (activity, interest, opinion) 4 yang mengacu pada pengukuran kegiatan, minat, dan pendapat (Kotler dan Amstrong, 2008). Selain faktor gaya hidup, keputusan konsumen dalam membeli juga dipengaruhi faktor lain, yaitu kelompok referensi. Kelompokr eferensi akan mempengaruhi seseorang dalam memilih produk atau merek, karena komunitas tersebut dipercaya sangat dipercaya sarannya, karena memiliki pengetahuan yang lebih baik (Sumarwan, 2002). Dengan demikian komunitas, dalam hal ini kelompok referensi, berperan penting dalam keputusan pembelian karena digunakan oleh konsumen sebagai dasar dalam evaluasi produk. Keputusan konsumen membeli smartphone Samsung sangat beragam, bias karena factor gaya hidup atau factor ikut sertanya pengguna smartphone Samsung dalam kelompo kreferensi. Terkait dengan hal tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tersebut. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, hal ini dikarenakan peneliti berasal dari fakultas yang sama sehingga memudahkan dalam melakukan penelitian. Berdasarkan pengamatan peneliti sebelum melakukan pembelian, mahasiswa akan mencari informasi mengenai smartphoneSamsung yang akan dibeli. Informasi ini bisa bersumber dari kelompok referensi, dalam hal ini berarti teman kuliah. Dengan banyaknya pilihan smartphone, Samsung bisa menjadi gaya hidup bagi mahasiswa. Karena Samsung telah memiliki brand dibandingkan dengan pesaingnya. Samsung juga telah lama meluncurkan smartphone dan memiliki banyak 5 tipe pilihan. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengambil penelitian dengan judul “Penrgaruh Kelompok Referensi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Ms Lyse Nofriadi
Date Deposited: 05 Feb 2016 04:11
Last Modified: 05 Feb 2016 04:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item View Item