Perancangan Sistem Pelacakan Lokasi Petugas Lapangan pada Pelaporan Kegiatan Irigasi di Provinsi Sumatera Barat Menggunakan GPS Android dan WebGIS

Budi, Sunaryo (2019) Perancangan Sistem Pelacakan Lokasi Petugas Lapangan pada Pelaporan Kegiatan Irigasi di Provinsi Sumatera Barat Menggunakan GPS Android dan WebGIS. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
01. Cover_Abstrak_Budi_Sunaryo_MTE_Unand.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
02. Bab_1_Budi_Sunaryo_MTE_Unand.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan)
03. Bab_5_Budi_Sunaryo_MTE_Unand.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar_Pustaka_Budi_Sunaryo_MTE_Unand.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
05. Laporan_Tesis_Budi_Sunaryo_MTE_Unand.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hal terpenting dalam kegiatan operasi dan pemeliharaan irigasi yaitu petugas lapangan wajib melaporkan kondisi hasil kegiatan terbaru di tempat kegiatannya setiap hari. Luasnya area dan tersebarnya petugas lapangan daerah irigasi, keterbatasan akses internet serta sulitnya validasi kesesuaian lokasi petugas lapangan dengan laporan kegiatan menjadi masalah tersendiri bagi pengawas dalam memonitoring kinerja petugas lapangan irigasi di Provinsi Sumatera Barat secara real-time. Pengawas membutuhkan sistem informasi geografis yang mampu menampilkan laporan kegiatan beserta lokasi petugas lapangan baik dalam kondisi online maupun offline. Penelitian ini menjelaskan tentang perancangan sistem pelacakan lokasi petugas lapangan dalam pelaporan irigasi menggunakan Global Positioning System (GPS) pada Android dan aplikasi Web Geographic Information System (WebGIS). Metode pelacakan dimulai dari pendeteksian koordinat lokasi petugas lapangan ketika menginput laporan, kemudian disimpan dalam database SQLite dan dikirim ke database server MySQL baik secara online maupun offline melalui proses sinkronisasi database, hingga ditampilkan pada aplikasi WebGIS. Analisis data hasil pengujian awal pada 9 petugas lapangan berdasarkan Computer System Usability Questionnare (CSUQ) menghasilkan nilai distribusi rata-rata sebesar 6,96 dengan kategori “Sangat Layak”. Analisis data hasil implementasi pada 100 petugas lapangan di 20 Daerah Irigasi dan 13 pengawas dari tanggal 1 Januari 2019 sampai dengan 31 Agustus 2019 sebanyak 3.316 laporan berdasarkan System Usability Scale (SUS) mencapai 98,07%. Dan analisis data hasil pelaporan offline atau data tidak langsung terkirim berdasarkan SUS mencapai 96,43%. Sistem ini mampu melacak lokasi petugas lapangan dalam pelaporan kegiatannya baik secara online maupun offline, sehingga pengawas terbantu dalam proses monitoring dan validasi laporan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Muhammad Ilhamdi Rusydi
Uncontrolled Keywords: Sistem Pelacakan Lokasi, Pelaporan Kegiatan Irigasi, Sinkronisasi Database, GPS, WebGIS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik elektro
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:35
Last Modified: 12 Jul 2021 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57838

Actions (login required)

View Item View Item