Hubungan Antara Kejadian Endometriosis dengan Kanker Ovarium Epitel Tipe 1 Pada Pasien di RSUP.Dr.M.Djamil Padang Tahun 2017-2018

Ghina Muthmainnah, A Yasin (2020) Hubungan Antara Kejadian Endometriosis dengan Kanker Ovarium Epitel Tipe 1 Pada Pasien di RSUP.Dr.M.Djamil Padang Tahun 2017-2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full-text)
Skripsi full-text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan: Insiden kanker ovarium masih tinggi dan terus meningkat setiap tahunnya, khususnya di Kota Padang. Sekitar 90% diantaranya adalah kanker ovarium tipe epitel. Salah satu faktor predisposisi dari kanker jenis ini adalah endometriosis. Endometriosis memiliki karakteristik yang sama dengan tumor maligna termasuk kemampuan dalam invasi ke organ lain. Diketahui bahwa endometriosis terjadi pada 7%-15% wanita usia subur dan memiliki beragam gejala, sehingga sulit ditegakkan diagnosis. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik cross sectional, dengan mengambil data retrospektif dari pasien kanker ovarium tipe epitel yang didiagnosis di bagian Obstetri dan Ginekologi RSUP Dr. M Djamil Padang selama periode Januari 2017 – Desember 2018. Teknik pengambilan sampel dengan cara total sampling dan didapatkan 290 sampel melalui kriteria inklusi dan eksklusi. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode chi-square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 290 pasien kanker ovarium epitel, terdapat 24 orang (8,3%) yang mengalami endometriosis, 205 orang (70,7%) mengalami kanker ovarium epitel 1, dan subtipe mucinous carcinoma memiliki frekuensi tertinggi yaitu sebesar 114 orang (39,31%). Pada analisis bivariat terdapat 95,83% pasien menderita kanker ovarium epitel tipe 1 yang mengalami endometriosis sebelumnya dengan p<0,05 yaitu p value = 0,010 yang menunjukkan terdapat hubungan antara kejadian endometriosis dengan kanker ovarium epitel tipe 1. Kesimpulan: Penelitian ini memaparkan kejadian endometriosis dan kanker ovarium epitel tipe 1 serta hubungan keduanya. Melihat adanya hubungan antara endometriosis dengan kanker ovarium epitel tipe 1 inilah hendaknya dapat dilakukan penanganan segera terhadap pasien yang memiliki keluhan mengarah kepada endometriosis. Kata kunci: kejadian, endometriosis, kanker ovarium epitel tipe 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr.Syamel Muhammad,Sp.OG(K)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 05 Aug 2020 09:29
Last Modified: 05 Aug 2020 09:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57829

Actions (login required)

View Item View Item