PEMBERITAAN PEREMPUAN DALAM BERITA PROSTITUSI PADA MEDIA ONLINE (Analisis Framing Berita Vanessa Angel di Detik.com dan Kompas.com)

Zahara, Dila Oktari (2020) PEMBERITAAN PEREMPUAN DALAM BERITA PROSTITUSI PADA MEDIA ONLINE (Analisis Framing Berita Vanessa Angel di Detik.com dan Kompas.com). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK RARA.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR)
SKRIPSI RARA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Media online yang ada di Indonesia sudah banyak menjamur di masyarakat. Media online sangat berperan penting dalam penyampaian informasi secara cepat dan memberikan informasi terbaru. Informasi yang disampaikan beragam, mulai dari politik, agama, hingga kriminal. Seperti halnya Detik.com dan Kompas.com dalam menyampaikan sebuah berita prostitusi online yang menjerat salah seorang artis Vanessa Angel. Tiap media pasti berbeda dalam memberitakan sebuah kasus, dan tergantung dari pandangan masing-masing media dalam melihat sebuah fenomena atau kejadian yang ada. Berdasarkan berita tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa berita mengenai perempuan dan berita mengenai prostitusi online yang diberitakan oleh kedua media tersebut. Bagaimana sebuah media menuliskan berita dari pandangan mereka masing-masing hingga terkadang memasukkan pendapat mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Dari hasil analisis yang didapat dari kedua media tersebut bahwa kedua media memberitakan perempuan memang kurang netral dan terdapat beberapa kata yang kurang pantas. Kemudian pada analisa mengenai pemberitaan prostitusi online, Detik.com dan Kompas.com tidak menmberitakan secara rinci mengenai kasus tersebut dan lebih fokus terhadap orang yang terlibat dalam kasus prostitusi online tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 18 Mar 2020 12:42
Last Modified: 18 Mar 2020 12:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57736

Actions (login required)

View Item View Item