GAMBARAN PEMILIHAN WADAH DAN TEMPAT PENYIMPANAN SERTA KADAR PROTEIN DAN LEMAK ASI PADA IBU MENYUSUI DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS

Ramah, Hayu (2020) GAMBARAN PEMILIHAN WADAH DAN TEMPAT PENYIMPANAN SERTA KADAR PROTEIN DAN LEMAK ASI PADA IBU MENYUSUI DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & Abstrak.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I PENDAHULUAN..pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (penutup))
BAB Akhir (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) merupakan nutrisi yang paling ideal untuk bayi karena ASI mengandung protein, lemak, karbohidrat, dan air dalam jumlah yang tepat untuk pencernaan, pertumbuhan dan perkembangan bayi. Kandungan lemak dan protein dalam ASI dapat dipengaruhi oleh wadah dan tempat penyimpanan ASI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pemilihan wadah dan tempat penyimpanan serta kadar protein dan lemak ASI pada ibu menyusui. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang. Populasi meliputi ASI dari ibu-ibu menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas. Sampel diambil sesuai kriteria inklusi (n = 24) diikuti cara pemilihan wadah dan tempat penyimpanan ASI serta dilakukan pemeriksaan kadar protein dan lemak di laboratorium Bioteknologi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang pada bulan Maret 2019 sampai dengan Januari 2020. Data dianalisis dan ditampilkan dalam tabel distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemilihan wadah penyimpanan ASI terbanyak pada kantong plastik (66,7%), paling sedikit botol plastik (8,3%). Rerata kadar protein (rerata±SD) berdasarkan wadah penyimpanan botol kaca, botol plastik, dan kantong plastik ASI adalah 0,98 ± 0,14 g/dl, 0,84 ± 0,07 g/dl, dan 0,97 ± 0,24 g/dl, dengan selisih terbesar pada botol kaca dan terkecil pada kantong plastik. Rerata kadar lemak berdasarkan wadah botol kaca, botol plastik, dan kantong plastik ASI adalah 2,88 ± 0,75g/dl, 1,78 ± 0,31g/dl, dan 2,69 ± 0,46g/dl, dengan selisih terbesar pada kantong plastik, terkecil pada botol kaca. Tempat penyimpanan ASI terbanyak dipilih ibu adalah lemari es (62,5%), paling sedikit di ruangan (8,3%). Rerata kadar protein berdasarkan tempat penyimpanan ruangan, cooler bag, dan lemari es adalah 0,95 ± 0,21 g/dl, 0,88 ± 0,37g/dl, dan 0,93 ± 0,25g/dl dengan selisih terbesar pada cooler bag, terkecil pada ruangan, sedangkan kadar lemak adalah 2,19 ± 0,77g/dl, 2,72 ± 0,54g/dl, dan 2,70 ± 0,60g/dl dengan selisih terbesar pada lemari es, terkecil pada ruangan. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu gambaran pemilihan wadah dan tempat penyimpanan serta kadar protein dan lemak ASI pada ibu menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas memiliki penurunan dari ASI segar. Kata kunci : Wadah, Tempat penyimpanan ASI, Protein, Lemak.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. RAUZA SUKMA RITA, Ph.D
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 04 Mar 2020 12:05
Last Modified: 04 Mar 2020 12:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57485

Actions (login required)

View Item View Item