Hubungan Jenis Keganasan dengan Kejadian Toksoplasmosis pada Pasien Keganasan yang Menjalani Kemoterapi di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Emilia, Sasqia Puteri (2020) Hubungan Jenis Keganasan dengan Kejadian Toksoplasmosis pada Pasien Keganasan yang Menjalani Kemoterapi di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Toxoplasma gondii merupakan parasit protozoa yang menyebabkan terjadinya penyakit toksoplasmosis. Status imunologis merupakan faktor penting dalam perjalanan infeksi parasit Toxoplasma gondii. Penyakit ini sering menjadi masalah pada individu dengan immunocompromised. Infeksi Toxoplasma gondii juga menjadi penyebab infeksi oportunistik yang dapat mengancam jiwa pasien immunocompromised. Pada pasien keganasan dengan immunocompromised risiko terinfeksi parasit Toxoplasma gondii lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang immunocompetent. Risiko infeksi ikut meningkat apabila pasien keganasan juga menjalani pengobatan kemoterapi yang membuat status imun pasien tersebut semakin menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan jenis keganasan dengan kejadian toksoplasmosis pada pasien keganasan yang menjalani kemoterapi di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan desain potong lintang menggunakan teknik konsekutif. Penelitian berlangsung dari November 2019 sampai Januari 2020 di Unit Kemoterapi dan Laboratorium Patologi Klinik RSUP Dr. M. Djamil Padang dengan jumlah sampel sebanyak 54 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah uji Enzyme-Linked Immunosorbent Assay (ELISA) terhadap antibodi IgG dan IgM dalam serum darah pasien toksoplasmosis. Didapatkan angka kejadian toksoplasmosis pada pasien keganasan yang menjalani kemoterapi di RSUP Dr. M. Djamil Padang sebanyak 74,1%. Sedangkan, menurut pembagian jenis keganasannya ditemukan pada pasien keganasan hematologis sebanyak 86,7% dan pasien keganasan solid sebanyak 69,2%. Berdasarkan uji Chi Square didapatkan nilai p = 0,302 sehingga tidak didapatkannya hubungan jenis keganasan dengan kejadian toksoplasmosis pada pasien keganasan yang menjalani kemoterapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Selfi Renita Rusjdi, M.Biomed
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 25 Feb 2020 12:23
Last Modified: 25 Feb 2020 12:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57435

Actions (login required)

View Item View Item