PELAKSANAAN ASAS PENDIDIKAN MELALUI POLA PEMBINAAN KEPRIBADIAN DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 1995 TENTANG PEMASYARAKATAN (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Padang)

ANISA, ANISA (2013) PELAKSANAAN ASAS PENDIDIKAN MELALUI POLA PEMBINAAN KEPRIBADIAN DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 1995 TENTANG PEMASYARAKATAN (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Padang). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (TESIS)
878.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)

Abstract

Bagi negara Indonesia yang berdasarkan kepada Pancasila pemikiranpemikiran mengenai fungsi pemidanaan tidak lagi sebagai penjeraan, tetapi juga merupakan suatu usaha rehabilitasi1 dan resosialisasi2 warga binaan3 pemasyarakatan yang kemudian melahirkan suatu sistem pembinaan yang dinamakan dengan sistem pemasyarakatan.4 Walaupun telah diadakan berbagai perbaikan mengenai tatanan pemidanaan, namun pada dasarnya sifat pemidanaan masih bertolak dari asas dan sistem pemenjaraan, karena sistem kepenjaraan sangat menekankan pada unsur balas dendam dan penjeraan. Sehingga institusi yang digunakan sebagai tempat pembinaan adalah rumah penjara bagi narapidana.5 Sistem pemenjaraan yang sangat menekankan pada unsur balas dendam dan penjeraan yang disertai dengan lembaga “rumah penjara” secara beransur-ansur dipandang sebagai suatu sistem dan sarana yang tidak sejalan dengan konsep rehabilitasi dan reintegrasi sosial6.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 28 Apr 2016 10:42
Last Modified: 28 Apr 2016 10:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5742

Actions (login required)

View Item View Item