ANALISIS PERAN KOPERASI SOLOK RADJO TERHADAP PERUBAHAN SISTEM AGRIBISNIS KOPI ARABIKA (Coffea arabica) DI NAGARI AIE DINGIN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK

Dessy, Wulandari (2020) ANALISIS PERAN KOPERASI SOLOK RADJO TERHADAP PERUBAHAN SISTEM AGRIBISNIS KOPI ARABIKA (Coffea arabica) DI NAGARI AIE DINGIN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK UPLOAD.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN UPLOAD.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN upload.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA UPLOAD.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem agribisnis kopi arabika di Nagari Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti sebelum hadirnya Koperasi Solok Radjo dan menganalisis peran Koperasi Solok Radjo terhadap perubahan sistem agribisnis kopi arabika di Nagari Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif Model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem agribisnis kopi arabika di Nagari Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok sebelum hadirnya Koperasi Solok Radjo belum berjalan dengan baik, karena adanya permasalahan pada subsistem agribisnis kopi arabika terutama pada subsistem pemasaran, yaitu rantai pemasaran yang panjang dan harga jual yang diterima petani sangat rendah, yaitu Rp 1.500/kg – Rp 2.500/kg. Setelah hadirnya Koperasi Solok Radjo telah mendorong perubahan pada sistem agribisnis kopi arabika di Nagari Aie Dingin dimana peran Koperasi Solok Radjo sebagai lembaga penunjang mampu membangkitkan kembali semangat petani untuk budidaya kopi arabika. Koperasi mampu memperpendek saluran pemasaran sehingga dapat meningkatkan harga dan memaksimalkan keuntungan yang diterima oleh petani. Setelah hadirnya Koperasi Solok Radjo, sistem agribisnis kopi arabika di Nagari Aie Dingin menjadi lebih terpadu dan lebih selaras. Kata Kunci: sistem agribisnis, perubahan, peran koperasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Helmi, M.Sc, Ph.D
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 10 Feb 2020 14:09
Last Modified: 10 Feb 2020 14:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57372

Actions (login required)

View Item View Item