Skrining Khamir Potensial Asal Nira Aren (Arenga pinnata Merr.) Dari Beberapa Daerah Sumatera Barat Dalam Pencarian Isolat Penunjang Produksi Bioetanol

Primadona, Raesa Putri (2020) Skrining Khamir Potensial Asal Nira Aren (Arenga pinnata Merr.) Dari Beberapa Daerah Sumatera Barat Dalam Pencarian Isolat Penunjang Produksi Bioetanol. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Cadangan minyak bumi di Indonesia sudah sampai pada titik krisis. Salah satu alternatif sebagai pengganti minyak bumi adalah penggunaan bioetanol. Bioetanol merupakan biofuel cair yang diproduksi menggunakan bahan baku biomassa dengan proses fermentasi untuk menghasilkan etanol. Dalam hal ini, khamir memiliki peran penting dan diyakini paling potensial dalam menghasilkan etanol. Khamir dapat diisolasi dari sumber yang berbahan dasar gula salah satunya nira aren (Arenga pinnata Merr.) yang tumbuh cukup banyak di beberapa daerah Sumatera Barat. Berdasarkan peran penting khamir sebagai penghasil etanol, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isolat khamir potensial yang memiliki potensi fermentatif tertinggi dengan harapan dapat menunjang produksi bioetanol. Selain itu untuk menganalisis sejauhmana kemampuan isolat khamir potensial dalam menghasilkan etanol pada beberapa substrat yang digunakan. Pada penelitian ini khamir dari nira aren segar diisolasi menggunakan medium YEA. Isolat-isolat yang telah didapatkan selanjutnya dikarakter secara morfologi (makroskopis dan mikroskopis) dan dilihat karakter potensinya berdasarkan uji in vitro menggunakan tabung Durham untuk menentukan isolat terbaik. Isolat terbaik kemudian difermentasi menggunakan berbagai substrat untuk melihat potensinya dalam menghasilkan etanol. Hasil penelitian menunjukkan, proporsional keberadaan khamir dari seluruh sampel nira aren segar di Sumatera Barat berkisar antara 79,1-83,6% dimana diperoleh 11 isolat dari keseluruhan sampel nira aren: 3 isolat dari sampel Payakumbuh, 2 isolat dari Pasaman Timur, 3 isolat dari Palembayan dan 3 isolat dari Batusangkar. Isolat BTS9 merupakan isolat yang paling fermentatif diantara semua isolat dengan karakter morfologi: bentuk ireguler, tepian undulate, elevasi umbonate, warna cream, bentuk sel oval, reproduksi vegetatif: multilateral budding, reproduksi seksual: unconjugated ascus with ascospore dan tergolong ke dalam genus Saccharomyces. Isolat BTS9 berpotensi menghasilkan etanol sebanyak 8% v/v pada media fermentasi nira aren, diikuti air kelapa+sukrosa (5% v/v); sukrosa (2% v/v); fruktosa, maltosa dan glukosa (1% v/v). Kata kunci: khamir, Arenga pinnata, Sumatera Barat, potensial, etanol.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. phil.nat NURMIATI
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 05 Feb 2020 16:05
Last Modified: 05 Feb 2020 16:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57343

Actions (login required)

View Item View Item