PENGARUH PENAMBAHAN LIAT DAN BIOCHAR SEKAM PADI PADA PENGOLAHAN MINIMUM TERHADAP DISTRIBUSI PORI TANAH PSAMMENT DAN PERTUMBUHAN SERTA HASIL TANAMAN JAGUNG (Zea Mays L.)

Nadya, Mc Fan Delind (2020) PENGARUH PENAMBAHAN LIAT DAN BIOCHAR SEKAM PADI PADA PENGOLAHAN MINIMUM TERHADAP DISTRIBUSI PORI TANAH PSAMMENT DAN PERTUMBUHAN SERTA HASIL TANAMAN JAGUNG (Zea Mays L.). Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover+abstrak-dikonversi.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN-dikonversi.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN-dikonversi (1).pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh penambahan liat dan biochar sekam padi pada pengolahan tanah minimum terhadap distribusi pori tanah Psamment dan pertumbuhan serta hasil tanaman jagung (Zea mays L.) ini dilaksanakan di Nagari Katapiang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, dan di laboratorium Fisika Tanah, Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas pada bulan Agustus 2019 sampai Januari 2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 jenis perlakuan dan 3 kelompok. Perlakuan-perlakuan tersebut adalah A (Pengolahan tanah minimum tanpa liat dan biochar sekam padi), B (Pengolahan tanah minimum + Liat/Ultisol 20ton/ha), C (Pengolahan tanah minimum + biochar sekam padi 20 ton/ha), dan D (Pengolahan tanah minimum + liat/Ultisol 20 ton/ha dan biochar sekam padi 20 ton/ha). Hasil penelitian ini dianalisis berdasarkan tabel kriteria, analisis sidik ragam, dan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5 %. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa pemberian liat dan biochar sekam padi dapat memperbaiki sifat fisika tanah Psamment. Pemberian liat 20 ton/ha dan biochar sekam padi 20 ton/ha mampu menurunkan bobot volume tanah Psamment dari 1,40 g/cm3 (kontrol) menjadi 0,84 g/cm3, meningkatkan total ruang pori dari 42,86 % (kontrol) menjadi 65,10 %, merubah persentase distribusi pori dengan meningkatkan pori drainase cepat (31,63 % vol menjadi 41,00 % vol), menurunkan pori drainase lambat (5,80 % vol menjadi 4,53 %vol), dan meningkatkan pori air tersedia (6,00 % vol menjadi 7,50% vol). Penambahan liat dan biochar sekam padi pada tanah Psamment juga meningkatkan pertumbuhan tinggi tanaman jagung (236,2 cm) 8 minggu setelah tanam dibanding kontrol (211,59 cm), dan meningkatkan hasil tanaman jagung berupa bobot tongkol (20,58 ton/ha) dibanding kontrol (13,27 ton/ha). Kata kunci: Psamment, liat, biochar, sekam padi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Adrinal, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 31 Jan 2020 16:08
Last Modified: 31 Jan 2020 16:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57299

Actions (login required)

View Item View Item