PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DENGAN ADANYA KLAUSUL EKSONERASI DALAM PERJANJIAN BAKU SEWA GUNA USAHA (LEASING) DENGAN PERUSAHAAN PEMBIAYAAN PT. DIPO STAR FINANCE CABANG PADANG (Studi Kasus Putusan Nomor 4/Pdt.G/2017/PN.Pdg)

Alfikhi, Abdul Rahman (2019) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DENGAN ADANYA KLAUSUL EKSONERASI DALAM PERJANJIAN BAKU SEWA GUNA USAHA (LEASING) DENGAN PERUSAHAAN PEMBIAYAAN PT. DIPO STAR FINANCE CABANG PADANG (Studi Kasus Putusan Nomor 4/Pdt.G/2017/PN.Pdg). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER TESIS dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Kepustakaan)
4. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
5. TESIS FULL 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bentuk perjanjian baku finance lease yang dilakukan antara Alexander sebagai lessee dengan PT. Dipo Star Finance cabang Padang sebagai lessor, Nomor: 0008162/1/09/10/2011 tertanggal 06 Oktober 2011 tentang objek pembiayaan barang modal berupa 1 unit Mitsubishi Pajero Sport, dengan jangka waktu yang disepakati hingga lunas. Pada tanggal 08 Desember 2011 antara Alexander dengan PT. Dipo Star Finance Cabang Padang mengadakan perjanjian finance lease lainnya, Nomor: 0008592/1/09/12/2011 tentang objek pembiayaan barang modal berupa 1 unit Mitsubishi Fuso Truck dan unit Karoseri Dump Truck. Klausul eksonerasi dalam perjanjian baku finance lease tersebut mengakibatkan kerugian bagi konsumen dan menimbulkan permasalah hukum serta gugatan ke Pengadilan Negeri Padang pada pokok perkara Nomor 4/Pdt.G/2017/PN.Pdg, namun Pengadilan Negeri Padang menolak gugatan seluruhnya. Masalah yang diteliti dalam penulisan ini yaitu: Bagaimana materi muatan klausul eksonerasi pada perjanjian baku sewa guna usaha (leasing) yang menimbulkan kerugian bagi konsumen PT Dipo Star Finance cabang Padang dan Bagaimana pertimbangan hakim dalam memutuskan pokok perkara perjanjian baku sewa guna usaha (leasing) berdasarkan Putusan Nomor 4/Pdt.G/2017/PN.Pdg. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah yuridis normatif yang bersifat deskriptif dimana datanya bersumber dari data primer dan sekunder yang diperoleh berdasarkan studi dokumen yang dianalisis secara kualitatif. Dari penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pada waktu lahirnya perjanjian finance lease terdapat cacat kehendak mengenai pasal 29 perjanjian lease tersebut dan merupakan klausul eksonerasi yang sangat merugikan konsumen. Lesse tidak mengetahui bahwa jaminan terhadap perjanjian yang lain merupakan jaminan terhadap objek perjanjian yang sudah lunas pembayaranya. Berdasarkan pertimbangan hakim dan keterangan saksi ahli hukum, perjanjian pasal 29 perjanjian lease mengikat kedua belah pihak berdasarkan asas pacta sunt servanda namun, tidak ditemukan pernyataan atau kata yang menegaskan bahwa jaminan terhadap perjanjian yang telah berakhir merupakan jaminan terhadap perjanjian lainnya, sehingga jaminan menjadi multitafsir. Pasal ketentuan keterkaitan perjanjian satu dengan perjanjian lainnya dalam perjanjian tersebut sangat merugikan konsumen serta bertentangan dengan pasal 10 huruf (c) Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Busyra Azheri, S.H.,M.H
Uncontrolled Keywords: Klausul Eksonerasi, Perjanjian Baku, Sewa Guna Usaha
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 31 Jan 2020 16:18
Last Modified: 31 Jan 2020 16:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57282

Actions (login required)

View Item View Item