PENGATURAN TENTANG LARANGAN PERBUATAN YANG MEMBAHAYAKAN KESELAMATAN PENERBANGAN SIPIL BERUPA PENYEBARAN INFORMASI PALSU OLEH PENUMPANG DI DALAM PESAWAT UDARA MENURUT HUKUM INTERNASIONAL DAN HUKUM NASIONAL INDONESIA (STUDI KASUS : FRANTINUS NIRIGI TERKAIT BOMB JOKES DI DALAM PESAWAT LION AIR)

Jeny, Sonya Putri (2020) PENGATURAN TENTANG LARANGAN PERBUATAN YANG MEMBAHAYAKAN KESELAMATAN PENERBANGAN SIPIL BERUPA PENYEBARAN INFORMASI PALSU OLEH PENUMPANG DI DALAM PESAWAT UDARA MENURUT HUKUM INTERNASIONAL DAN HUKUM NASIONAL INDONESIA (STUDI KASUS : FRANTINUS NIRIGI TERKAIT BOMB JOKES DI DALAM PESAWAT LION AIR). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Datar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Skrisi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pesawat sebagai alat transportasi dengan teknologi tinggi menjadikan setiap jarak bukan suatu kendala lagi untuk ditempuh. Namun, tidak berbanding lurus dengan pengaturannya. Pelanggaran hukum penerbangan akibat dari kurangnya kesadaran dalam mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penyebaran informasi palsu tentang bom merupakan salah satu dari kasus tindakan yang sering terjadi yang penyelesaian kasusnya berakhir dengan cara musyawarah atau sekedar memberikan surat peringatan kepada pelaku. Fenomena itu tentu merupakan kemunduran hukum, dimana hukum dianggap sesuatu yang menyulitkan dan memilih menempuh cara mudah yang tidak menimbulkan efek jera kepada pelakunya. Untuk itu penulis mengemukakan beberapa rumusan masalah, yakni: (1) Bagaimana pengaturan tentang larangan perbuatan yang membahayakan keselamatan penerbangan berupa penyebaran informasi palsu oleh penumpang pesawat udara menurut Hukum Internasional dan Hukum Nasional? (2) Bagaimana pengawasan dan penyelesaian kasus penyebaran informasi palsu Bomb Jokes yang dilakukan penumpang di dalam pesawat udara ? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis normatif, yaitu penelitian berdasarkan bahan-bahan kepustakaan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Hukum Internasional memiliki peran besar dalam penyelesaian kasus perbuatan yang membahayakan keselamatan penerbangan yang digunakan sebagai landasan yuridis oleh Indonesia dalam membentuk suatu peraturan perundang-undangan baru yang disesuaikan tidak hanya dalam wilayah nasional namun juga dalam wilayah Internasional. (2) pengawasan dan penyelesain kasus informasi palsu Bomb Jokes dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr, Jean Alvardi, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 30 Jan 2020 15:32
Last Modified: 30 Jan 2020 15:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57264

Actions (login required)

View Item View Item