STUDI FENOMENOLOGI: PENGALAMAN PSIKOSOSIAL PASIEN DM TIPE 2 YANG MENGALAMI DIABETIC FOOT ULCER DI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG

Fitria, Diumayani Anwar (2020) STUDI FENOMENOLOGI: PENGALAMAN PSIKOSOSIAL PASIEN DM TIPE 2 YANG MENGALAMI DIABETIC FOOT ULCER DI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
fulltesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pasien DM Tipe 2 yang tidak terkontrol akan mengalami berbagai komplikasi. Diabetic Foot Ulcer (DFU) merupakan komplikasi yang sering ditakuti oleh pasien. Adanya nyeri, gangguan bentuk kaki, luka yang bau, dan penyembuhan yang lama menyebabkan masalah dalam mobilitas, amputasi hingga kematian. Namun adanya kesulitan dalam penanganan DFU menimbulkan masalah psikososial pada individu. Faktor psikososial berperan penting dalam mengelola pasien dengan DFU agar kualitas hidup dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman psikososial pasien DM Tipe 2 yang mengalami DFU di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah 9 partisipan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam berupa rekaman wawancara dan catatan lapangan yang dianalisis menggunakan metode Van Manen. Hasil penelitian ini mengidentifikasi 2 tema yaitu (1) pengalaman psikologis pada pasien DFU meliputi menyangkal penyakit, menyalahkan diri sendiri, perasaan menjadi beban keluarga, kehilangan peran, perasaan cemas, reaksi kesedihan, dan menerima penyakit; (2) pengalaman sosial yang dialami pasien dengan DFU adalah gangguan fisik, keterbatasan aktifitas, tidak aktif kegiatan sosial, dukungan dari keluarga, dan harapan jika sembuh. Diharapkan agar perawat dapat mendampingi maupun membimbing pasien DFU agar dapat melewati proses berduka dengan baik serta melibatkan keluarga dalam intervensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. ARINA WIDYA MURNI,Sp.PD-K Psi, FINASIM
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi Deskriptif, Pengalaman psikososial, Diabetic Foot Ulcer
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 29 Jan 2020 16:02
Last Modified: 29 Jan 2020 16:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57156

Actions (login required)

View Item View Item