Pengaruh penggunaan jenis perekat ransum pelet berbasis ampas kelapa terhadap retensi nitrogen,kecernaan serat kasar dan energi metabolisme pada ayam kampung

Alhafizh, Alhafizh (2020) Pengaruh penggunaan jenis perekat ransum pelet berbasis ampas kelapa terhadap retensi nitrogen,kecernaan serat kasar dan energi metabolisme pada ayam kampung. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_11.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi Alhafizh fix 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan jenis perekat ransum pelet berbasis ampas kelapa terhadap retensi nitrogen, kecernaan serat kasar, dan energi metabolisme pada ayam kampung. Penelitian ini menggunakan 23 ekor ayam kampung umur 12 minggu. Ayam ditempatkan dalam kandang metabolik sebanyak 23 unit masing-masing dilengkapi dengan plastik hitam untuk penampung feses dan dilengkapi tempat minum. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas lima perlakuan yaitu A (tanpa perekat), B (tapioka), C (limbah cair gambir), D (bentonit), E (onggok) dan masing-masing perlakuan diulang empat kali. Ransum disusun dengan protein (19%) dan energi (2850 kkal/kg). Parameter yang diukur adalah: retensi nitrogen, kecernaan serat kasar, dan energi metabolisme. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa penggunaan jenis perekat berbeda dalam ransum berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap retensi nitrogen, kecernaan serat kasar dan energi metabolisme. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan secara keseluruhan retensi nitrogen berkisar 52,90 – 57,35 %, kecernaan serat kasar 40,48 – 42,52 %, dan energi metabolisme 3087,78 – 3156,92 kkal/kg. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan perekat limbah cair gambir merupakan jenis perekat terbaik dalam proses pembuatan pelet berbasis ampas kelapa dilihat dari nilai retensi nitrogen 57,35%, kecernaan serat kasar 42,52%, dan energi metabolisme 3156,92 kkal/kg. Kata Kunci : Ayam Kampung, Energi Metabolisme, Kecernaan Serat Kasar, Retensi Nitrogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir Harnentis MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Jan 2020 16:00
Last Modified: 29 Jan 2020 16:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57155

Actions (login required)

View Item View Item