KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK, dan PROTEIN KASAR IN-VITRO TWO STAGE dari RANSUM dengan BERBAGAI RASIO DAUN GAMAL( Gliricida sepium ) DAN JERAMI JAGUNG MANIS( Zea mays Saccharata )

Elsi, Anggraini (2020) KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK, dan PROTEIN KASAR IN-VITRO TWO STAGE dari RANSUM dengan BERBAGAI RASIO DAUN GAMAL( Gliricida sepium ) DAN JERAMI JAGUNG MANIS( Zea mays Saccharata ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Updated Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FUL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan campuran daun gamal dan jerami jagung manis yang dapat digunakan dalam ransum ternak ruminansia secara In Vitro. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen, Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 4 kali pengambilan cairan rumen sebagai kelompok. Perlakuan terhadap ransum disusun sebagai berikut: A (0% gamal + 60% jerami jagung + 40% Konsentrat), B (10% gamal + 50% jerami jagung + 40% Konsentrat), C (20% gamal + 40% jerami jagung + 40% Konsentrat), D (30% gamal+ 30% jerami jagung + 40% Konsentrat). Parameter yang diukur adalah kecernaan bahan kering, kecernaan bahan organik dan kecernaan protein kasar. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecernaan bahan kering berbeda nyata (P<0,05), kecernaan bahan organik berbeda nyata (P<0,05)dan kecernaan protein kasar berbeda tidak nyata (P≥0,05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa daun gamal dapat digunakan dalam ransum sampai 30% yang dikombinasikan dengan 30% jerami jagung manis dengan hasil kecernaan bahan kering 71,29%, kecernaan bahan organik 72,07% dan kecernaan protein kasar 85,66%. Kata kunci: Daun gamal, jerami jagung manis, kecernaan in vitro, ransum, rasio

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Fauzia Agustin, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Jan 2020 16:41
Last Modified: 29 Jan 2020 16:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57122

Actions (login required)

View Item View Item