STUDI KELAYAKAN PEMBENTUKAN UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD) LABORATORIUM PENGUJIAN KONSTRUKSI DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

eka, hasmatati putri (2018) STUDI KELAYAKAN PEMBENTUKAN UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD) LABORATORIUM PENGUJIAN KONSTRUKSI DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Masters thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
bab 1 eka watermark.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v penutup)
bab akhir watermark eka.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS EKA HASMATATI PUTRI.watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kabupaten Pesisir Selatan terletak di pesisir barat Pulau Sumatera dan merupakan salah satu kabupaten terluas di Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini merupakan area rawan gempa karena dilewati oleh jalur subduksi lempeng tektonik India-Australia dan Eurasia. Beberapa kali gempa besar telah terjadi di area ini yang menyebabkan banyak bangunan rusak dan jatuhnya korban jiwa dan luka-luka. Mitigasi bencana gempa pada umumnya menekankan pada pentingnya kualitas material dan pengerjaan konstruksi di samping perencanaan yang tepat. Perencanaan yang baik jika tidak diiringi dengan kualitas pelaksanaan pekerjaan yang baik dan terstandarisasi dapat menjadi titik lemah yang akan menyebabkan terjadinya bencana. Salah satu usaha yang dapat dilakukan dalam mencegah rendahnya kualitas pekerjaan adalah melalui pengujian kualitas bahan dan campuran material yang digunakan dalam konstruksi. Pengujian perlu dilakukan pada suatu laboratorium yang sengaja dibangun untuk itu dan mengikuti standar-standar umum dalam konstruksi. Saat ini di Kabupaten Pesisir Selatan belum ada sebuah laboratorium yang secara resmi difungsikan untuk itu dan memiliki kelayakan yang sudah teruji. Alternatif pengujian dilakukan kota lain seperti di Kota Padang ternyata belum tentu pilihan yang tepat mengingat jarak yang cukup jauh dan sulitnya akses dari pelosok Kabupaten ke Kota Padang.Oleh karena itu, salah satu solusi yang mungkin adalah dengan membangun laboratorium standar yang dikelola oleh sebuah unit yang disebut Unit Pelaksana Teknis Daerah Laboratorium.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: YOSRITZAL, Ph.D
Uncontrolled Keywords: laboratorium, studi kelayakan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 29 Jan 2020 15:36
Last Modified: 29 Jan 2020 15:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57106

Actions (login required)

View Item View Item