ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN USAHA PEMBIBITAN SAPI POTONG (STUDI KASUS : KELOMPOK TANI TERNAK LEMBAGA PENGELOLAAN HUTAN NAGARI DI NAGARI PAKAN RABA’A KECAMATAN KOTO PARIK GADANG DIATEH)

RIRI, MARNILA (2020) ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN USAHA PEMBIBITAN SAPI POTONG (STUDI KASUS : KELOMPOK TANI TERNAK LEMBAGA PENGELOLAAN HUTAN NAGARI DI NAGARI PAKAN RABA’A KECAMATAN KOTO PARIK GADANG DIATEH). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian menganalisis aspek teknis, performan reproduksi yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada usaha pembibitan kelompok tani ternak Lembaga Pengelolaan Hutan Nagari di Nagari Pakan Raba’a Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat. Hasil penelitian diperoleh bahwa teknis pemeliharaan dilihat dari penerapan pemeliharaan dilihat dari pemilihan bibit. Pakan hijauan yang diberikan berupa rumput gajah 5-13 Kg/ekor/hari, dan pakan tambahan berupa kosentrat 1-3 Kg/elkor/hari. Tatalaksana pemeliharaan yaitu pembersihan kandang 1 kali sehari, memandikan ternak 1 kali dalam 3 hari, sistem pemeliharaan dengan cara dikandangkan. Pencegahan penyakit dan pengendalian penyakit dengan sanitasi kandang dan ternak. Dilihat dari performan reproduksi angka kelahiran 66,66 %, angka kematian tidak ada. Dan Calving Interval dengan rataan jarak beranak 12 bulan 23 hari. Analisis aspek ekonomis, pendapatan pada usaha pembibitan sapi potong kelompok tani ternak Lembaga Pengelolaan Hutan Nagari pendapatan pertahun sebesar Rp. 30.522.000/tahun dan pendapatan perbulan sebanyak Rp. 2.543.500/bulan. Sedangkan R/C usaha ini adalah 1,62 berarti usaha pembibitan ternak sapi menguntungkan. Kata Kunci : Analisis Usaha, Pendapatan, Pembibitan Sapi Potong

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Arfa’I, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Jan 2020 14:56
Last Modified: 29 Jan 2020 14:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57076

Actions (login required)

View Item View Item