Penentuan Umur Simpan Rendang Itik Dalam Berbagai Kemasan Menggunakan Metode Accelerated Shelf Life Test (ASLT) Dengan Pendekatan Arrhenius

Arisvan, Chamel (2020) Penentuan Umur Simpan Rendang Itik Dalam Berbagai Kemasan Menggunakan Metode Accelerated Shelf Life Test (ASLT) Dengan Pendekatan Arrhenius. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan karakteristik mutu rendang itik selama penyimpanan dan mengetahui umur simpan rendang itik yang dikemas pada berbagai kemasan. Rendang itik dihasilkan dengan memanaskan itik, santan, dan bumbu-bumbu pada suhu maksimal 950C selama 4 jam. Rendang itik yang dihasilkan disimpan pada berbagai kemasan (cup terbuka, kemasan plastik polypropilen (vakum), kemasan aluminium foil (vakum) dan kemasan aluminium foil (vakum) dengan penambahan adsorben kayu manis), lalu disimpan dalam chamber dengan berbagai suhu penyimpanan (suhu 300C, 400C, dan 500C). Pengamatan rendang itik dilakukan pada awal, akhir dan selama penyimpanan terhadap kimia (Aw, kadar air, bilangan TBA dan asam lemak bebeas), fisik (warna), dan mikrobiologi (Angka Lempeng Total dan Total kapang khamir). Hasil penelitian didapatkan perubahan mutu rendang itik, dan perubahan paling kritis terjadi pada parameter bilangan TBA. Umur Simpan yang didapatkan adalah17 hari pada kemasan cup terbuka, 73 hari pada kemasan polipropilen, 85 hari pada kemasan aluminium foil dan 89 hari pada kemasan aluminium foil dengan penambahan adsorben kayu manis. Disimpulkan bahwa jenis kemasan dan adsorben berpengaruh dalam memperpanjanh umur simpan rendang itik. Kata Kunci : Umur Simpan, Rendang Itik, Jenis Kemasan, ASLT, Angka TBA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Fauzan Azima, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 29 Jan 2020 15:10
Last Modified: 29 Jan 2020 15:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57033

Actions (login required)

View Item View Item