Perancangan Pengendali Kursi Roda Berdasarkan Pergerakan Kepala Menggunakan Sensor Flex Dengan Metode K-Means

Agusriadi, Agusriadi (2020) Perancangan Pengendali Kursi Roda Berdasarkan Pergerakan Kepala Menggunakan Sensor Flex Dengan Metode K-Means. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
cover saja-digabungkan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kesehatan merupakan hal pokok yang dibutuhkan manusia agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari. Dalam kondisi tertentu, terdapat manusia yang membutuhkan bantuan agar dapat melakukan kegiatan dengan baik. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan fisik dan mental atau yang biasa disebut disabilitas. Kondisi ini mendorong agar adanya alat bantu dengan memanfaatkan bagian lain dari tubuh manusia, sehingga pengguna dapat menggunakan kursi roda sendiri. Pemanfaatan teknologi kendali dengan menggunakan sensor merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengendalikan kursi roda. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan seperti studi literatur, identifikasi masalah, perancangan sistem, pengujian sistem, hasil dan analisa, serta kesimpulan. Penelitian ini merancang posisi sensor flex terbaik pada leher agar dapat digunakan untuk mengendalikan kursi roda ke kiri, ke kanan, maju, mundur, dan berhenti dengan menolehkan kepala. Terdapat 17 posisi yang diinvestigasi dan akan diambil 3 posisi terbaik. Tahap pertama yang dilakukan adalah pengambilan data terhadap 30 orang responden, sehingga didapatkan posisi terbaik, yaitu posisi 13, posisi 5, dan posisi 14. Posisi terbaik tersebut selanjutnya diolah menggunakan metode K-Means untuk membentu 5 kelas data, yaitu kiri, kanan, maju, mundur, dan berhenti. Hasil dari metode K-Means diujikan pada data uji sebanyak 1620 data dan menghasilkan akurasi sebesar 97,09 %. Hasil metode K-Means terhadap 3 posisi sensor juga diuji pada pengimplementasian pengendalian kursi roda, didapatkan akurasi gerakan sebesar 98%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Eng.Muhammad Ilhamdi Rusydi
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 29 Jan 2020 09:05
Last Modified: 29 Jan 2020 09:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56934

Actions (login required)

View Item View Item