PERANAN KOMUNITAS DALAM MENANGANI KASUS KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN (STUDI KASUS PADA 3 KOMUNITAS ANTI KEKERASAN DI KOTA PADANG)

MELI, SAKINAH (2020) PERANAN KOMUNITAS DALAM MENANGANI KASUS KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN (STUDI KASUS PADA 3 KOMUNITAS ANTI KEKERASAN DI KOTA PADANG). Other thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1 COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
3 BAB PENUTUP ATAU KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
5 SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus kekerasan terhadap perempuan yang diberitakan oleh media. Baik media cetak maupun media elektronik. Di Kota Padang kasus kekerasan jumlahnya terhadap perempuan mengalami peningkatan. Ada beberapa komunitas yang menangani kasus tersebut. Komunitas-komunitas ini berdiri di bawah naungan Nurani Perempuan . Penelitian ini fokus menjelaskan latar belakang dan peranan komunitas anti kekerasan dalam menangani kasus kekerasan terhadap perempuan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan latar belakang komunitas anti kekerasan di Kota Padang dan mendeskripsikan peranan komunitas anti kekerasan dalam menangani kasus kekerasan terhadap perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data studi kepustakaan, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu sebelum melakukan penelitian peneliti telah menetapkan kriteria tertentu yang dianggap relevan. Dalam tekniknya, informan dibagi menjadi informan kunci dan informan biasa. Selain itu, pada penelitian ini nama informan disamarkan dan usia korban dirahasikan untuk alasan keamanan dan etika sosial penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas anti kekerasan lahir dari banyaknya kasus kekerasaan yang ada di wilayah berdirinya komunitas. Tujuan dari adanya komunitas ini agar lebih mudahnya kasus kekerasaan dilaporkan dan ditangani. Selanjutnya sebagai komunitas anti kekerasan yang ada di Kota Padang terdapat beberapa peranan dalam menangani kasus kekerasan terhadap perempuan yakni pendampingan, penanganan, dan pemulihan. Kemudian ditambah dengan peranan edukasi dan pemberdayaan. Dalam melaksanakan peranannya ini komunitas bekerjasama dengan lembaga terkait dengan kasus kekerasan terhadap perempuan. Kasus-kasus yang tidak mampu ditangani maka dirujuk ke lembaga tertentu yang sesuai dengan kasus. Untuk anggota komunitas yang melakukan pendampingan terhadap korban adalah anggota komunitas yang telah mendapakan pendidikan dan pelatihan terkait dengan peranan komunitas terhadap korban. Kata Kunci: Peranan, Komunitas Anti Kekerasan, Perempuan.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. Sri Setiawati, M.A
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 29 Jan 2020 10:03
Last Modified: 29 Jan 2020 10:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56870

Actions (login required)

View Item View Item