PENGARUH PENGGUNAAN CAMPURAN POD KAKAO DAN AMPAS TAHU FERMENTASI DENGAN Pleurotus ostreatus DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS TELUR PUYUH DAN INCOME OVER FEED COST

Yona, Nurmila Sari (2020) PENGARUH PENGGUNAAN CAMPURAN POD KAKAO DAN AMPAS TAHU FERMENTASI DENGAN Pleurotus ostreatus DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS TELUR PUYUH DAN INCOME OVER FEED COST. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover-abstrak wtmrk pbb.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Yona)
BAB I WTMR.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Yona)
BAB V WTRK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Dapus Yona)
DAFTAR PUSTAKA WTRK.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
watermark SKRIPSI LENGKAP 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa batasan level dan bagaimana pengaruh penggunaan campuran pod kakao dan ampas tahu fermentasi dengan Pleurotus ostreatus (PKATF) dalam ransum terhadap kualitas telur dan income over feed cost (IOFC) puyuh. Penelitian ini menggunakan 200 ekor puyuh (Coturnix-coturnix japonica) yang berumur 7 minggu. Kandang yang digunakan adalah kandang baterai dengan ukuran 45x20x30 cm terbuat dari kawat sebanyak 20 unit yang ditempati 10 ekor puyuh per unit. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan (0%, 5%, 10%, 15% dan 20% PKATF dengan Pleurotus ostreatus) dan 4 ulangan. Peubah yang diamati yaitu berat telur (gr/butir), kolesterol kuning telur (mg/100g), lemak kuning telur (%) dan income over feed cost (Rp/Kg). Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa penggunaan campuran pod kakao dan ampas tahu fermentasi dengan Pleurotus ostreatus berpengaruh berbeda nyata (P<0,05) terhadap berat telur tetapi berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kolesterol dan berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap lemak kuning telur. Hasil uji DMRT menunjukkan bahwa berat telur pada perlakuan A berbeda tidak nyata dibandingkan perlakuan B dan C tetapi nyata (P<0,05) lebih tinggi dibandingkan dengan perlakuan D dan E. Kolesterol kuning telur puyuh pada perlakuan A berbeda tidak nyata dibandingkan dengan perlakuan B, tetapi nyata (P<0,05) lebih tinggi dibandingkan dengan perlakuan C, D dan E. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan campuran pod kakao dan ampas tahu fermentasi dengan Pleurotus ostreatus sampai level 15% dalam ransum dapat meningkatkan kualitas telur puyuh. Pada kondisi ini diperoleh berat telur 10,10 gr/butir, kolesterol 759,85 mg/100g, lemak 28,27 % dan income over feed cost Rp. 3.328/kg. Kata Kunci : Ampas tahu, fermentasi, kualitas telur, Pleurotus ostreatus, pod kakao.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Jan 2020 11:23
Last Modified: 29 Jan 2020 11:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56865

Actions (login required)

View Item View Item