PENGENDALIAN VIRTUAL KEYBOARD UNTUK PENYANDANG DISABILITAS TANPA JARI TANGAN DENGAN PENGENALAN POLA GESTURE BERDASARKAN JARINGAN SARAF TIRUAN MENGGUNAKAN SENSOR LEAP MOTION

Pepi, Putri Utami (2020) PENGENDALIAN VIRTUAL KEYBOARD UNTUK PENYANDANG DISABILITAS TANPA JARI TANGAN DENGAN PENGENALAN POLA GESTURE BERDASARKAN JARINGAN SARAF TIRUAN MENGGUNAKAN SENSOR LEAP MOTION. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Disabilitas merupakan salah satu keadaan fisik maupun mental seseorang yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari secara normal. Salah satu disabilitas yang dapat dijumpai yaitu disabilitas tunawicara tanpa jari tangan. Penyandang disabilitas ini memiliki kendala dalam berkomunikasi dengan orang-orang sekitar baik secara lisan maupun tulisan. Alat komunikasi dalam membantu disabilitas tunawicara tanpa jari tangan terus dikembangkan, salah satunya dengan membuat virtual keyboard dengan memanfaatkan sensor Leap Motion. Pergerakan tangan ditangkap dengan menggunakan sensor Leap Motion, sehingga didapatkan nilai direction pergerakan tangan berupa pitch, yaw, dan roll. Nilai direction tersebut dikelompokkan menjadi gerakan normal, kanan, kiri, atas, bawah, dan berputar untuk mengendalikan virtual keyboard. Jumlah data yang digunakan untuk pengenalan gerakan pada penelitian ini sebanyak 5400 data yang terdiri dari 3780 untuk data latih dan 1620 untuk data uji. Hasil pengujian data yang dilakukan dengan menggunakan metode Jaringan Saraf Tiruan didapatkan nilai akurasi sebesar 98,82%. Pada penelitian ini juga dilakukan uji performansi virtual keyboard secara langsung dengan menggetik 20 jenis karakter yang dilakukan oleh 15 orang responden sebanyak tiga kali percobaan. Berdasarkan uji T dan Uji Anova yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa rata-rata waktu yang dibutuhkan dalam proses percobaan secara langsung memiliki waktu yang sama. Rata-rata waktu yang dibutuhkan oleh responden dalam mengetik yaitu 5,36 detik per-karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Muhammad Ilhamdi Rusydi
Uncontrolled Keywords: disabilitas, virtual keyboard, pitch, yaw, roll, dan metode Jaringan Saraf Tiruan, Leap Motion
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 29 Jan 2020 08:50
Last Modified: 29 Jan 2020 08:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56826

Actions (login required)

View Item View Item