ANALISIS DINAMIKA TUTUPAN HUTAN MANGROVE DAN ESTIMASI CADANGAN KARBON SELAMA TIGA DEKADE DI KAWASAN MANDEH MENGGUNAKAN CITRA LANDSAT

Adityo, Raynaldo (2020) ANALISIS DINAMIKA TUTUPAN HUTAN MANGROVE DAN ESTIMASI CADANGAN KARBON SELAMA TIGA DEKADE DI KAWASAN MANDEH MENGGUNAKAN CITRA LANDSAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text (Adityo Raynaldo).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kawasan Mandeh direncanakan sebagai kawasan wisata terpadu dan kawasan ekonomi khusus (KEK) oleh pemerintah daerah. Pengembangan kawasan ini berpotensi memiliki dampak terhadap vegetasi mangrove yang terdapat pada kawasan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perubahan luasan, kerapatan tajuk serta cadangan karbon vegetasi mangrove selama tiga dekade terakhir. Penelitian dilaksanakan dengan kombinasi pendekatan penginderaan jauh dengan citra Landsat dan survey lapangan. Klasifikasi mangrove dilakukan dengan menggunakan komposit false-color RGB citra, perekaman foto udara menggunakan drone dan ground check pada duapuluh titik lokasi. Estimasi biomassa dan cadangan karbon dilakukan pada tiga plot pengamatan dengan menggunakan persamaan allometrik yang ada. Distribusi cadangan karbon pada lokasi dipetakan dengan membuat persamaan dari indeks vegetasi citra dan hasil estimasi cadangan karbon pada plot. Analisis deteksi perubahan, regresi sederhana dan deviasi model dilakukan pada penelitian ini. Hasil menunjukkan pemetaan distribusi mangrove memiliki overall accuracy 79,71% dan kappa koefisien 0,549 pada akusisi tahun 2019. Hasil klasifikasi mangrove menunjukkan bahwa secara keseluruhan vegetasi mangrove di kawasan Mandeh mengalami penambahan luasan. Namun terdapat beberapa titik kawasan mangrove yang dideteksi mengalami degradasi. Kerapatan tajuk pada vegetasi mangrove mengalami dinamika yang diduga akibat pertumbuhan komunitas dan penebangan tegakan mangrove. Potensi karbon dari seluruh kawasan Mandeh sangat besar dengan adanya penambahan yang cukup tajam cadangan dan serapan karbon ke tahun 2019. Pemetaan kerusakan vegetasi mangrove yang terjadi, serta potensi kawasan dengan area minim kerusakan dan memiliki potensi cadangan karbon yang tinggi yang dilakukan pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam pengembangan kawasan Mandeh.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Erizal Mukhtar, Prof., Dr.
Uncontrolled Keywords: Cadangan karbon atas permukaan, indeks vegetasi, pemetaan mangrove
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 28 Jan 2020 15:20
Last Modified: 28 Jan 2020 15:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56815

Actions (login required)

View Item View Item