Pengklasteran Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Masyarakat dengan Validitas Koefisien Silhouette

Ullya, Izzaty (2020) Pengklasteran Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Masyarakat dengan Validitas Koefisien Silhouette. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
bab 5.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftra pustaka)
daftra pustaka.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian indikator kesejahteraan masyarakat 19 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat dengan dengan pengelompokan menggunakan metode analisis klaster. Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengklasteran kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat berdasarkan indikator kesejahteraan dengan menggunakan validitas Koefisien Silhouette. Metode analisis yang digunakan yaitu, metode berhirarki dan metode tak berhirarki. Metode berhirarki yang digunakan pada penelitian ini yaitu, metode pautan tunggal, pautan lengkap, pautan rata-rata, dan Ward. Metode tak berhirarki yang digunakan yaitu, metode K-Means. Anggota klaster yang diperoleh dengan menggunakan metode pautan tunggal, pautan lengkap, pautan rata-rata, Ward dan K-Means dilakukan validitas dengan Koefisien Silhouette. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik tahun 2017. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pengklasteran terbaik yang diperoleh dengan menggunakan validitas Koefisien Silhouette yaitu metode pautan rata-rata dan banyaknya klaster optimal diperoleh sebanyak tujuh klaster. Kata Kunci: Analisis Klaster, Koefisien Silhouette, Indikator Kesejahteraan Masyrakat, Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: IZZATI RAHMI HG, M.Si
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 28 Jan 2020 16:03
Last Modified: 28 Jan 2020 16:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56766

Actions (login required)

View Item View Item