Studi Kelayakan Teknis Etil Palmitat Sebagai Bahan Minyak Isolasi Transformator

Robby, Kurniawan (2020) Studi Kelayakan Teknis Etil Palmitat Sebagai Bahan Minyak Isolasi Transformator. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrack)
Cover dan Abstrack.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Tugas Akhir Robby Kurniawan Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada transformator biasanya digunakan isolasi cair sebagai bahan isolasi. Salah satu isolasi pada transformator yaitu minyak mineral. Namun karena minyak mineral tidak ramah lingkungan maka digunakan minyak nabati sebagai alternatif dari isolasi pada transformator. Hal ini dikarenakan minyak nabati termasuk sumber daya alam yang terbaharukan dan juga bersifat biodegradable. Salah satu minyak nabati yang digunakan untuk isolasi transformator yaitu minyak sawit. Dalam minyak sawit terdapat asam palmitat sebanyak 42-46%. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan ester dari reaksi esterifikasi asam palmitat dengan etanol serta menguji dan mengevaluasi sifat minyak yang dihasilkan dari asam palmitat dan etanol berdasarkan standar ASTM D6871. Metode yang digunakan yaitu pengujian pada sampel dengan mengacu pada standar ASTM D6871 untuk minyak isolasi transformator yang terbuat dari ester alami. Pengujian yang dilakukan berupa pengujian secara listrik, fisika dan kimia. Dari penelitian yang telah dilakukan tersebut diperoleh bahwa pada pengujian secara listrik, didapatkan bahwa tegangan tembus pada etil palmitat telah memenuhi standar ASTM D6871 yaitu 37,44kV/2,5 mm, kemudian pada pengujian secara fisika, didapatkan bahwa massa jenis dan viskositas etil palmitat telah memenuhi standar ASTM D6871 yaitu 0,856 gr/cm3 untuk massa jenis dan 2,712 cSt untuk viskositas, selanjutnya pada pengujian secara kimia, didapatkan bahwa angka keasaman dan kadar air belum memenuhi standar ASTM D6871 yaitu 0.418 mgKOH/gr untuk angka keasaman dan 422 ppm untuk kadar air, sedangkan untuk stabilitas oksidasi etil palmitat berada dibawah MO yaitu 0.189 meq peroksid/kg (MO).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Abdul Rajab
Uncontrolled Keywords: Etil Palmitat, Tegangan Tembus, Massa Jenis, Viskositas, Angka Keasaman, Kadar Air, Stabilitas Oksidasi.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 28 Jan 2020 12:13
Last Modified: 28 Jan 2020 12:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56723

Actions (login required)

View Item View Item