UJI PATOGENISITAS ISOLAT BAKTERI ENDOFIT BAWANG MERAH SEBAGAI ENTOMOPATOGEN TERHADAP Spodoptera litura Fabricius. (Lepidoptera: Noctuidae)

AFDIL, RAHMAN (2020) UJI PATOGENISITAS ISOLAT BAKTERI ENDOFIT BAWANG MERAH SEBAGAI ENTOMOPATOGEN TERHADAP Spodoptera litura Fabricius. (Lepidoptera: Noctuidae). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemanfaatan agen biokontrol untuk mengendalikan populasi serangga hama sampai saat ini masih terus diupayakan, salah satunya adalah penggunaan bakteri entomopatogen yang berasal dari jaringan tanaman atau yang dikenal dengan bakteri endofit. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isolat bakteri endofit dari jaringan akar tanaman bawang merah yang berpotensi sebagai entomopatogen terhadap larva S. litura. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 9 perlakuan yang terdiri dari 8 isolat bakteri endofit dan 1 kontrol dengan 3 ulangan. Data dianalisis dengan sidik ragam dan apabila berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5 %. Hasil penelitian mendapatkan bahwa, bakteri S. marcescens JB1E3 dan B. cereus P.14 memperlihatkan mortalitas tertinggi pada fase larva, sedangkan S. marcescens ULG1E4 dan Bacillus sp. SJI memiliki efek jangka panjang (laten) dan dapat menyebabkan tidak terbentuknya pupa dan imago dalam siklus hidup S. litura. Kata kunci : bakteri endofit, entomopatogen, Spodoptera litura, mortalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zurai Resti, S.P. MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 28 Jan 2020 10:51
Last Modified: 28 Jan 2020 10:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56718

Actions (login required)

View Item View Item