Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kedelai (Glycine max L.) Akibat Pemberian Pupuk Kompos Paitan (Tithonia diversifolia) dan Beberapa Jarak Tanam Pada Ultisol

Yuli, Meliza Putri (2020) Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kedelai (Glycine max L.) Akibat Pemberian Pupuk Kompos Paitan (Tithonia diversifolia) dan Beberapa Jarak Tanam Pada Ultisol. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK PDF.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN PDF.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN PDF.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi fix pdfff.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Padang, dengan ketinggian tempat ± 250 mdpl dari bulan Juni sampai September 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi yang terjadi antara dosis kompos paitan (Tithonia diversifolia) dan jarak tanam, dosis kompos paitan (Tithonia diversifolia) terbaik dan jarak tanam terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai pada ultisol. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK). Faktor pertama adalah dosis kompos paitan (12 ton/ha, 18 ton/ha dan 24 ton/ha) dan faktor kedua adalah jarak tanam (40 x 10 cm, 40 x 15 cm dan 40 x 20 cm). Data dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5% apabila F hitung lebih besar dari F tabel maka dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara pemberian pupuk kompos paitan dengan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai, dosis pupuk kompos paitan 24 ton/ha memberikan pengaruh terbaik terhadap tinggi tanaman, jumlah cabang primer, bobot 100 biji, hasil per petak, dan hasil per hektar, jarak tanam 40 x 20 cm memberikan pengaruh terbaik terhadap hasil per petak dan hasil per hektar tanaman kedelai pada ultisol. Kata kunci : kedelai, kompos paitan, jarak tanam, ultisol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Zulfadly Syarif, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 28 Jan 2020 15:19
Last Modified: 28 Jan 2020 15:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56658

Actions (login required)

View Item View Item