Pembentukan Kokristal Asam Usnat - N-Methyl-D-Glucamine Dengan Metode Penguapan Pelarut dan Pengaruhnya Terhadap Penurunan IL-8 pada Tikus Inflamasi

Fadhila, Muthia (2020) Pembentukan Kokristal Asam Usnat - N-Methyl-D-Glucamine Dengan Metode Penguapan Pelarut dan Pengaruhnya Terhadap Penurunan IL-8 pada Tikus Inflamasi. Masters thesis, -.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img] Text (Tesis Utuh)
5. TESIS UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pembentukan kokristal asam usnat - N-Methyl-D-glucamine. Kokristal asam usnat–N-Methyl-D-glucamine dibuat dengan perbandingan 1:1 equimol dengan metode penguapan pelarut menggunakan pelarut etanol. Karakterisasi sampel dilakukan dengan difraksi sinar-X, Differential Scanning Calorimetry (DSC), Fourier Transform Infrared (FTIR), dan Scanning Electron Microscopy (SEM). Dilakukan juga uji kelarutan, uji laju disolusi, dan pemeriksaan IL-8 tikus inflamasi. Uji kelarutan dilakukan menggunakan pelarut air suling bebas CO2 sedangkan uji laju disolusi menggunakan medium air suling bebas CO2 0,25% (b/v) SLS, kedua uji diukur menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Pemeriksaan IL-8 tikus inflamasi menggunakan alat uji elisa. Hasil karakterisasi difraksi sinar-X menunjukkan difraktogram yang berbeda dari komponen penyusun dan campuran fisik yang mengindikasikan terbentuknya fase kokristal dan terjadi penurunan intensitas puncak yang mengindikasikan terbentuknya campuran eutetik sederhana. Hasil termogram DSC menunjukkan adanya puncak endotermik baru yang berbeda dengan kedua komponen penyusun. Pada spektrum FT-IR menunjukkan terjadinya pergeseran bilangan gelombang pada spektrum kokristal dibandingkan spektrum asam usnat dan N-Methyl-D-glucamine. Analisis SEM menunjukkan perubahan morfologi sediaan. Hasil uji kelarutan dan laju disolusi kokristal meningkat secara signifikan (P<0,05) sebanyak 25 kali dan 23 kali dibandingkan dengan senyawa asam usnat murni. Kokristal dapat menurunkan kadar IL-8 pada tikus inflamasi yang setara dengan aktivitas antiinflamasi asetosal (P<0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Salman, M.Si, Apt
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 03 Feb 2020 15:30
Last Modified: 03 Feb 2020 15:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56654

Actions (login required)

View Item View Item