BAYESIAN SURVIVAL ANALYSIS UNTUK MENGESTIMASI PARAMETER MODEL WEIBULL-REGRESSION PADA DATA KETAHANAN HIDUP PASIEN PENDERITA DEMAM BERDARAH DENGUE

Muhammad Hafandry, Fandry (2020) BAYESIAN SURVIVAL ANALYSIS UNTUK MENGESTIMASI PARAMETER MODEL WEIBULL-REGRESSION PADA DATA KETAHANAN HIDUP PASIEN PENDERITA DEMAM BERDARAH DENGUE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
pendahuluan.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
penutup.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
dapus.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img] Text (full skripsi)
Skripsi Fandry FIXALHAMDULILLAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes aegypti. Analisis ketahanan hidup merupakan teknik statistik yang digunakan untuk menganalisa data ketahanan hidup berupa waktu dari suatu pengamatan sam-pai terjadinya suatu kejadian. Pada data disensor tipe III, penyensoran dimana penelitian dilakukan untuk individu yang masuk dalam percobaan pada waktu yang berlainan. Distribusi Weibull dapat digunakan untuk menggambarkan prilaku peluang dari ketahanan hidup. Analisis regresi adalah suatu metode parametrik dimana model hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen. Metode Bayes adalah metode estimator yang menggabungkan distribusi prior dengan distribusi contoh. Markov Chain Monte Carlo di-gunakan untuk membangkitkan rantai Markov guna mengestimasi parame-ter model Weibull Regression. Diperoleh estimator Bayes dari parameter berdistribusi Weibull untuk data disensor tipe III adalah λ_bayes= (∑_(i=1)^n▒δ_i )/(∑_(i=1)^n▒〖t_i〗^(σ^2 ) ) dengan fungsi hazard untuk pasien penderita DBD di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2018 adalah h(t) = 27.4 ×〖10〗^(-23) t^3.36 dan fungsi ketahanan hidup untuk pasien penderita DBD di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2018 adalah S (t) = exp⁡(-(6.63×〖10〗^(-23) ) t^4.36). Model terbaik dari Weibull Regression adalah λ_i=exp⁡(5.58-0.2374X_i3). Variabel yang signi�kan terhadap waktu ketahanan hidup adalah X_3 yaitu lama demam yang dialami pasien penderita DBD sebelum masuk ruang inap. Kata Kunci : Demam Berdarah Dengue, Analisis Ketahanan Hidup, Metode Bayes, Model Weibull Regression, Markov Chain Monte Carlo (MCMC).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. DODI DEVIANTO
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 28 Jan 2020 10:00
Last Modified: 28 Jan 2020 10:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56640

Actions (login required)

View Item View Item