EVALUASI KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) TERHADAP Etiella zinckenella Treit (Lepidoptera: Pyralidae) DI KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT

Sintia, Novita (2020) EVALUASI KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) TERHADAP Etiella zinckenella Treit (Lepidoptera: Pyralidae) DI KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full up .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Etiella zinckenella merupakan salah satu hama penting pada tanaman kacang tanah di Sumatera Barat, dan sangat sulit dikendalikan. Penggunaan varietas tahan atau toleran yang dikombinasikan dengan teknik pengendalian lainnya diharapkan menjadi strategi efektif mengendalikan hama tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketahanan berbagai varietas kacang tanah terhadap serangan hama penggerek polong E. zinckenella di lapangan. Enam varietas unggul diuji yaitu Talam 2, Tuban, Takar 2, Hypoma 1, Tala 1 dan Tala 2 dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua varietas terserang oleh penggerek polong mulai dari minggu ke 7 setelah tanam. Persentase polong terserang meningkat sampai pada minggu ke 13 sejalan dengan kenaikan populasi larva pada setiap varietas. Hubungan persentase polong terserang dengan kepadatan larva membentuk model linier dengan koefisien determinasi (R2) lebih besar dari 0,9 pada setiap varietas. Tingkat ketahanan varietas Tuban, Tala 1 dan Talam 2 tergolong agak rentan sedangkan varietas Takar 2, Tala 2 dan Hypoma 1 tergolong rentan. . Kata kunci : Etiella zinckenella, kacang tanah, lepidoptera; pyralidae, seleksi, tingkat resistensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yenny Liswarni, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 28 Jan 2020 10:32
Last Modified: 28 Jan 2020 10:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56638

Actions (login required)

View Item View Item